Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Writed by:  Hafiz Muthoharoh, S.Pd.I

Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat digolongkan atas dua jenis, tujuan utama dan tujuan sertaan. Tujuan_tujuan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tujuan utama pertama, melakukan perbaikan dan peningkatan layanan profesional Guru dalam menangani proses pembelajaran. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan melakukan refleksi untuk mendiagnosis kondisi, kemudian mencoba secara sistematis berbagai model pembelajaran alternatif yang diyakini secara teoretis dan praktis dapat memecahkan masalah pembelajaran. Dengan kata lain, guru melakukan perencanaan, melaksanakan tindakan, melakukan evaluasi, dan refleksi.

2. Tujuan utama kedua, melakukan pengembangan keteranpilan Guru yang bertolak dari kebutuhan untuk menanggulangi berbagai persoalan aktual yang dihadapinya terkait dengan pembelajaran. Tujuan ini dilandasi oleh tiga hal penting, (1) kebutuhan pelaksanaan tumbuh dari Guru sendiri, bukan karena ditugaskan oleh kepala sekolah, (2) proses latihan terjadi secara hand-on dan mind-on, tidak dalam situasi artifisial, (3) produknyas adalah sebuah nilai, karena keilmiahan segi pelaksanaan akan didukung oleh lingkungan.

3. Tujuan sertaan, menumbuh kembangkan budaya meneliti di kalangan Guru.

Adapun manfaat_manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat memberikan manfaat sebagai inovasi pendidikan yang tumbuh dari bawah, karena Guru adalah ujung tombak pelaksana lapangan. Dengan PTK Guru menjadi lebih mandiri yang ditopang oleh rasa percaya diri, sehingga secara keilmuan menjadi lebih berani mengambil prakarsa yang patut diduganya dapat memberikan manfaat perbaikan. Rasa percaya diri tersebut tumbuh sebagai akibat Guru semakin banyak mengembangkan sendiri pengetahuannya berdasarkan pengalaman praktis. Dengan secara kontinu melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Guru sebagai pekerja profesional tidak akan cepat berpuas diri lalu diam di zone nyaman, melainkan selalu memiliki komitmen untuk meraih hari esok lebih baik dari hari sekarang. Dorongan ini muncul dari rasa kepedulian untuk memecahkan masalah_masalah praktis dalam kesehariannya. Manfaat lainnya, bahwa hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat dijadikan sumber masukan dalam rangka melakukan pengembangan kurikulum. Proses pengembangan kurikulum tidak bersifat netral, melainkan dipengaruhi oleh gagasan-gagasan yang saling terkait mengenai hakikat pendidikan, pengetahuan, dan pembelajaran yang dihayati oleh Guru di lapangan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat membantu guru untuk lebih memahami hakikat pendidikan secara empirik.

About these ads

5 responses

  1. wah mantap…
    tapi menurut saya manfaat PTK “tidak hanya” dirasakan oleh guru saja, tapi bagi siswa dan sekolah tempat penyelenggaraan PTK itu sendiri juga dan tidak menutup kemungkinan bagi dunia pendidikan secara umum.
    a. bagi guru = sudah gamblang sekali seperti yg dipostingkan oleh pak Hafiz..
    b. bagi siswa = jelas sekali, apabila objek penelitian adalah siswa, maka siswa juga akan mendapatkan manfaatnya secara langsung, yaitu pemahaman materi yang lebih mudah dan skoring tinggi juga (apabila PTK berhasil)
    c. bagi sekolahan = tentu saja, secara tidak langsung apabila guru mau mengadakan PTK dan berhasil tentunya akan meningkatkan kualitas belajar mengajar juga di sekolahan itu.
    d. bagi dunia pendidikan = bisa jadi, apabila PTK yang dilakukan bisa bersifat umum dan merupakan masalah klasik yang dimiliki di banyak kelas/sekolah, maka PTK yang awalnya dikaji oleh satu orang/tim akan bisa dimanfaatkan juga oleh orang lain di satuan pendidikannnya masing2. bukankah itu merupakan dampak secara tidak langsung bagi dunia penndidikan???

    maaf kalo salah, cm berpandapat saja. ^_^

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s