Gambaran Masyarakat Arab Jahiliyah: Kondisi Ekonomi

1.  Kondisi Ekonomi

Kondisi ekonomi ini mengikuti kondisi sosial yang bisa dilihat dari jalan kehidupan Bangsa Arab. Perdagangan merupakan sarana yang paling dominan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jalur_jalur perdagangan tidak bisa dikuasaai begitu saja kecuali jika sanggup memegang kendali keamanan dan perdamaian. Sementara kondisi yang aman seperti ini tidak terwujud di jazirah Arab kecuali pada bulan_bulan suci. Pada saat itulah dibuka pasar_pasar Arab yang sangat terkenal, seperti Ukazh, Dzil_Majar, Majinnah dan lain_lainnya.

Tentang perindustrian atau kerajinan, mereka adalah bangsa yang paling tidak mengenalnya. Kebanyakan hasil kerajinan yang ada di Arab, seperti jahit-menjahit, menyamak kulit dan lain_lainnya berasal dari rakyat Yaman, Hirah, dan pinggiran Syam. Sekalipun begitu di tengah jazirah ada pertanian dan pengembalaan hewan ternak. Sedangkan wanita_wanita Arab cukup menangani pemintalan. Tetapi kekayaan_kekayaan yang dimiliki bisa mengundang pecahnya peperangan. Kemiskinan, kelaparan, dan orang_orang yang telanjang merupa-kan pemandangan yang biasa di tengah Bangsa Arab.

About these ads

3 responses

  1. Bagi ikhwah sekalian yang membutuhkan buku sirah nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury terbitan pustaka al kautsar bisa melakukan pemesanan melalui

    email: alislam.maktabah@gmail.com
    YM: maktabah_alislam

    Harga: Rp 80,000

    Sinopsis :

    Perjalanan hidup Rasulullah,adalah lautan yang luas membentang dengan kebeningan airnya yang kebiruan. Disana tersimpan pesona alami nan abadi. Tiada mata yang bosan memandang. Tiada hati yang jemu menikmati. Tiada berhenti orang yang menyelami. Karena sosok beliau, adalah pesona sepanjang masa.

    Buku Sirah Nabawiyah ini mencoba menyajikan pesona-pesona itu. Sebagai buku yang berhasil meraih juara 1, dalam lomba karya tulis tentang sirah beliau, yang diprakarsai Rabithah Al-Alam Al-Islamy, tidak terlalu mengherankan, jika ia juga memiliki pesona tersendiri untuk dibaca dan dinikmati.

  2. Syukron katsirn atas penawarannya, tapi alhamdulillah sejak tahun 2008 saya sudah punya, beli di toko buku Gramedia Palembang, dengan harga Rp. ?????
    Namun saya sarankan bagi pengunjung yg membaca pesan ini, untuk membelinya baik melalui agen di atas atau di toko2 buku lainnya mengingat akan penting dan bagusnya buku Sirah An_Nabawiyyah karya Shaikh Shafiyyurrahman Al_Mubarakfury tersebut.
    Sirah An_Nabawiyyah adalah sebuah istilah yg masih asing di kalang umat Islam sendiri (sebagian orang), sehingga sangat memilukan ketika sebagian besar umat Islam kenal nabi dan rasulnya, hanya nama; tanggal lahir, nama ayah, ibu, umur, dll. AKan tetapi sesuatu yhg sangat berharga dari kisah kehidupan Nabi MUhammad shallallahu ‘alaihi wa salam yg sangat jarang diketahui apalagi dipahami sebagian umat Islam. oleh karena itu, jika anda tidak sempat mengkajinya lewat kajian_kajian tentang sirah Nabawiyyah, maka carilah buku2 Sirah Nabawiyyah yg mempunyai leteratur yang valid (jangan sembarangan, malah akan menyesatkan). ws

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s