Macam-Macam Media Pembelajaran

Writed by:  Hafiz Muthoharoh, S.Pd.I

Media pembelajaran banyak jenis dan macamnya. Dari yang paling sederhana dan murah hingga yang canggih dan mahal. Ada yang dapat dibuat oleh guru sendiri dan ada yang diproduksi oleh pabrik. Ada yang sudah tersedia di lingkungan untuk langsung dimanfaatkan dan ada yang sengaja dirancang oleh para ahlinya.

Berbagai sudut pandang untuk menggolongkan jenis-jenis media.

Rudy Bretz (1971) menggolongkan media berdasarkan tiga unsur pokok (suara, visual dan gerak) sebagai berikut:

  • Media audio
  • Media cetak
  • Media visual diam
  • Media visual gerak
  • Media audio semi gerak
  • Media visual semi gerak
  • Media audio visual diam
  • Media audio visual gerak

Anderson (1976) menggolongkan menjadi 10 media sebagai berikut:

  • audio, seperti kaset audio, siaran radio, CD, telepon
  • cetak, seperti buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar
  • audio-cetak, seperti kaset audio yang dilengkapi bahan tertulis
  • proyeksi visual diam, seperti Overhead transparansi (OHT), film bingkai (slide)
  • proyeksi audio visual diam , seperti film bingkai slide bersuara
  • visual gerak, seperti film bisu
  • audio visual gerak, seperti film gerak bersuara, Video/VCD, Televisi
  • obyek fisik, seperti Benda nyata, model, spesimen
  • manusia dan lingkungan, seperti guru, pustakawan, laboran
  • komputer, seperti CAI

Schramm (1985) menggolongkan media berdasarkan kompleksnya suara, yaitu: media kompleks (film, TV, Video/VCD,) dan media sederhana (slide, audio, transparansi, teks). Selain itu menggolongkan media berdasarkan jangkauannya, yaitu media masal (liputannya luas dan serentak / radio, televisi), media kelompok (liputannya seluas ruangan / kaset audio, video, OHP, slide, dll), media individual (untuk perorangan / buku teks, telepon, CAI).

Henrich, dkk menggolongkan macam-macam media sebagai berikut:

  • media yang tidak diproyeksikan
  • media yang diproyeksikan
  • media audio
  • media video
  • media berbasis komputer
  • multi media kit.

Pada artikel ini, media akan diklasifikasikan menjadi media visual, media audio, dan media audio-visual.

A. MEDIA VISUAL

1.   Media yang tidak diproyeksikan

  1. Media realia adalah benda nyata. Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas, tetapi siswa dapat melihat langsung ke obyek. Kelebihan dari media realia ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Misal untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, dan organ tanaman.
  2. Model adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya. Penggunaan model untuk mengatasi kendala tertentu sebagai pengganti realia. Misal untuk mempelajari sistem gerak, pencernaan, pernafasan, peredaran darah, sistem ekskresi, dan syaraf pada hewan.
  3. Media grafis tergolong media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol visual. Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian, memperjelas sajian pelajaran, dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. Jenis-jenis media grafis adalah:
  • gambar / foto: paling umum digunakan
  • sketsa: gambar sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian pokok tanpa detail. Dengan sketsa dapat menarik perhatian siswa, menghindarkan verbalisme, dan memperjelas pesan.
  • diagram / skema: gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari obyek tertentu secara garis besar. Misal untuk mempelajari organisasi kehidupan dari sel samapai organisme.
  • bagan / chart : menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna siswa. Selain itu bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari penyajian. Dalam bagan sering dijumpai bentuk grafis lain, seperti: gambar, diagram, kartun, atau lambang verbal.
  • grafik: gambar sederhana yang menggunakan garis, titik, simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. Misal untuk mempelajari pertumbuhan.

2.   Media proyeksi

a. Transparansi OHP merupakan alat bantu mengajar tatap muka sejati, sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa, guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi siswa). Perangkat media transparansi meliputi perangkat lunak (Overhead transparancy / OHT) dan perangkat keras (Overhead projector / OHP). Teknik pembuatan media transparansi, yaitu:

  • Mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu
  • Membuat sendiri secara manual

b. Film bingkai / slide adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai 2X2 inci. Dalam satu paket berisi beberapa film bingkai yang terpisah satu sama lain. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP, hanya kualitas visual yang dihasilkan lebih bagus. Sedangkan kelemahannya adalah beaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis. Untuk menyajikan dibutuhkan proyektor slide.

B. MEDIA AUDIO

1.   Radio

Radio merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakan untuk mendengarkan berita yang bagus dan aktual, dapat mengetahui beberapa kejadian dan peristiwa-peristiwa penting dan baru, masalah-masalah kehidupan dan sebagainya. Radio dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang cukup efektif.

2.   Kaset-audio

Yang dibahas disini khusus kaset audio yang sering digunakan di sekolah. Keuntungannya adalah merupakan media yang ekonomis karena biaya pengadaan dan perawatan murah.

C. MEDIA AUDIO-VISUAL

1.   Media video

Merupakan salah satu jenis media audio visual, selain film. Yang banyak dikembangkan untuk keperluan pembelajaran, biasa dikemas dalam bentuk VCD.

2.  Media komputer

Media ini memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh media lain. Selain mampu menampilkan teks, gerak, suara dan gambar, komputer juga dapat digunakan secara interaktif, bukan hanya searah. Bahkan komputer yang disambung dengan internet dapat memberikan keleluasaan belajar menembus ruang dan waktu serta menyediakan sumber belajar yang hampir tanpa batas.

About these ads

15 responses

  1. Untuk mbak Laila silakan dibaca atau mau dicopy paste, semoga bermanfaat aja buat anda. amin..!

    Buat dddd saya juga sependapat dengan anda bahwa semua media pembelajaran bagus, akan tetapi tidak semua media bisa digunakan, sebab ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan media pembelajara, di antara: materi yang akan diajarkan, kemampuan guru dalam menggunakannya, dll.

    and buat mbak Yuli, maaf saya tidak terlalu mengerti maksud pertanyaan anda, mohon diperjelas. Mudah-mudahan saya bisa membantu anda semampunya. Mohon tinggalkan alamat blognya.oke !!!

  2. Ping-balik: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN « Fathiyahalawiyah's Blog

  3. Waduuuh, mohon maaf baget Mas Ikang Fauzi, kami juga tidak memiliki referensi yg detail tentang media Realia. Saya juga hanya tahu sebatas pengertian saja:

    Media realia adalah benda nyata. Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas, tetapi siswa dapat melihat langsung ke obyek. Kelebihan dari media realia ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Misal untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, dan organ tanaman.

    Mungkin anda bisa menghubungkannya dengan kemampuan vocabulary siswa. Ini ada alamat situs yg dapat anda kunjungi karna di bagian bawahnya ada tempat bertanya, mudah-mudahan bermanfaat:

    http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-0531107-111545/

    Sekali lagi kami mohon maaf, karna kali ini kami tidak bisa banyak membantu pengunjung yg bertanya atau membutuhkan sesuatu. ws

  4. Terima kasih informasinya, jenis2 media pembelajaran sangat diperlukan pada proses KBM. Media yg tepat bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan Kegiatan pembelajaran.
    Sukses & terima kasih

  5. alhamdulillah, tulisan anda bgtu inspiring, sya ijin mengambil ilmunya untuk ditulis ya. terima kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s