Cerita Motivasi Diri

Writed by:  Hafiz Muthoharoh, S.Pd.I

Mungkin Anda sering membaca cerita motivasi untuk membangkitkan semangat Anda. Ya, ini sangat diperlukan bagi siapa saja. Jika mengingat masa kecil, maka kita sering mendapatkan dongeng sebelum tidur dari orang tua. Tanpa kita sadari, banyak hal yang bisa kita dapatkan dari dongeng tersebut. Sebut saja kisah Kancil Nyolong Timun. Ada makna mendalam terkandung didalamnya, bahwa kita tidak boleh berlaku seperti kancil dengan sikapnya yang gemar mencuri.

Ketika dewasa, maka kita sudah jarang untuk mendapatkan dongeng. Meski demikian, kita tetap membutuhkan cerita motivasi yang memberikan semangat bagi kita untuk menjalani kehidupan. Motivasi ibarat api dalam diri kita, yang senantiasa diketahui kapan mulai meredup dan kapan sedang berkobar-kobar.  Manakala api tersebut sedang meredup dan kita berusaha untuk mengobarkannya lagi, maka harus ada sesuatu yang mampu menjadi semacam energi pembakarnya.

Kebiasaan bercerita dan mendengarkan cerita adalah cara yang paling disukai oleh bangsa Indonesia dari dulu hingga sekarang. Beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan cerita motivasi yang dikemas dalam bentuk buku, berupa kisah sukses orang-orang dari berbagai sisi. Misalnya saja, kisah sukses pebisnis, penulis, artis, dan sebagainya. Tentu saja buku-buku tersebut laris di pasaran, karena masalah motivasi adalah hal yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan.

Sebagai contoh, jika Anda sangat ingin berbisnis makanan, Anda bisa mengambil hikmah dari cerita motivasi kegigihan Kolonel Sanders, pendiri waralaba ayam goreng terkenal KFC. Dia memulainya di usia 66 tahun. Pensiunan angkatan darat Amerika ini tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis.

Namun dia memiliki keahlian dalam memasak dan menawarkan resep masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di negaranya. Kolonel Harland Sanders adalah pelopor Kentucky Fried Chicken atau KFC yang telah tumbuh menjadi salah satu yang terbesar dalam industri waralaba makanan siap saji di dunia.

Anda juga bisa belajar dari cerita motivasi Honda. Jika Anda mengamati kendaraan yang melintasi jalan raya, pasti mata Anda selalu terbentur pada kendaraan bermerek Honda, baik berupa mobil maupun motor.

Merek kendaran ini memang selalu menyesaki padatnya lalu lintas. Karena itu barangkali memang layak disebut sebagai raja jalanan.

Namun, pernahkah Anda tahu, jika sang pendiri kerajaan bisnis Honda, Soichiro Honda, selalu diliputi kegagalan saat menjalani kehidupannya sejak kecil hingga berbuah lahirnya imperium bisnis mendunia itu. Dia bahkan tidak pernah bisa menyandang gelar insinyur. Ia bukan siswa yang memiliki otak cemerlang.

Di kelas, duduknya tidak pernah di depan, selalu menjauh dari pandangan guru. Saat merintis bisnisnya, Soichiro Honda selalu diliputi kegagalan. Ia sempat jatuh sakit, kehabisan uang, dikeluarkan dari kuliah. Namun, ia terus bermimpi dan bermimpi. Dan, impian itu akhirnya terjelma dengan bekal ketekunan dan kerja keras. Cerita motivasi yang luar biasa, bukan?

Masih banyak cerita motivasi yang bisa Anda dapatkan, baik melalui buku, searching, majalah, dan sebagainya. Anda bisa mengambil hikmah yang luar biasa, diantaranya Anda bisa mengambil pelajaran bagaimana mereka menyelesaikan masalah-masalah yang mereka hadapi. Bisa jadi, masalah yang Anda alami sama dengan yang pernah mereka hadapi. Dengan demikian, Anda bisa mengambil pelajaran dari mereka. Bahkan, Anda tidak perlu merasakan kegagalan yang mereka alami.

Bagaimana menurut anda??? Silakan dikomentari…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s