Writed by: Hafiz Muthoharoh, S.Pd.I
Menurut Good & Broopy ( 1997 ) mengatakan bahwa ruang lingkup psikologi pendidikan adalah sebagai berikut :
- Hubungan antara psikologi dengan guru
- Manajemen kelas : Perkembangan dan sosialisasi anak kepemimpinan dan dinamika kelompok, modelling, reward, punishment, extinction. Hasil – hasil penelitian manajemen kelas, persiapan dan pelaksanaan pengajaran yang baik.
- Mengurai masalah belajar : pengertian, prinsip, perbedaan individu dalam belajar, model dan desain belajar dan prinsip pengajaran
- Pertumbuhan dan perkembangan dalam pendidikan : Prinsop dalam perkembangan fisik, kognitif, sosial dan kepribadian, kreativitas dan aplikasinya dalam pendidikan
- Motivasi : Pengertian, teori dan aplikasinya dalam pendidikan
- Evaluasi dalam belajar : pengertian, macam, cara menyusun, prosedur penilaian, monitoringkemajuan siswa, validiras dan realibilitas penggunaan statistik dalam pengolahan hasil tes
Adapun menurut Sumadi Suryobroto ( 1984 ) juga mengatakan bahwa yang menjadi ruang lingkup psikologi pendidikan meliputi :
- Pengetahuan tentang psikologi pendidikan : pengertian ruang lingkup, tujuan mempelajari dan sejarah munculnya psikologi pendidikan
- Pembawaaan
- Lingkungan fisik dan psikologis
- Perkembangan siswa
- Proses – proses tingkah laku
- Hakekat dan ruang lingkup belajar
- Faktor yang mempengaruhi belajar
- Hukum dan teori belajar
- Pengukuran pendidikan
- Aspek praktis pengukuran pendidikan
- Transfer belajar
- Ilmu statistik dasar
- Kesehatan mental
- Pendidikan membentuk watak / kepribadian
- Kurikulum pendidikan sekolah dasar
- Kurikulum pendidikan sekolah menengah
cara menambah mysmart visitor pada blog, gimana ya