Writed by: Hafiz Muthoharoh, S.Pd.I
Metode bermain peran adalah salah satu proses belajar mengajar yang tergolong dalam metode simulasi. Menurut Dawson (1962) yang dikutip oleh Moedjiono & Dimyati (1992:80) mengemukakan bahwa simulasi merupakan suatu istilah umum berhubungan dengan menyusun dan mengoperasikan suatu model yang mereplikasi proses-proses perilaku. Sedangkan menurut Ali (1996:83) mengemukakan bahwa metode simulasi adalah suatu cara pengajaran dengan melakukan proses tingkah laku secara tiruan.
Metode pengajaran simulasi terbagi menjadi 3 kelompok seperti yang dikemukakan oleh Ali (1996:83) berikut ini ; (1) Sosiodrama : semacam drama sosial berguna untuk menanamkan kemampuan menganalisa situasi sosial tertentu, (2) Psikodrama : hampir mirip dengan sosiodrama . Perbedaan terletak pada penekannya. Sosia drama menekankan kepada permasalahan sosial, sedangkan psikodrama menekankan pada pengaruh psikologisnya dan (3) Role-Playing : role playing atau bermain peran bertujuan menggambarkan suatu peristiwa masa lampau.
Sedangkan Moedjiono & Dimyati (1992:80) juga membagi metode pengajaran simulasi menjadi 3 kelompok seperti berikut ini :
(1) Permainan simulasi (simulation games) yakni suatu permainan di mana para pemainnya berperan sebagai tempat pembuat keputusan, bertindak seperti jika mereka benar-benar terlibat dalam suatu situasi yang sebenarnya, dan / atau berkompetisi untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan peran yang ditentukan untuk mereka, (2) Bermain peran (role playing) yakni memainkan peranan dari peran-peran yang sudah pasti berdasarkan kejadian terdahulu, yang dimaksudkan untuk menciptakan kembali situasi sejarah/peristiwa masa lalu, menciptakan kemungkinan-kemungkinan kejadian masa yang akan datang, menciptakan peristiwa mutakhir yang dapat diperkaya atau mengkhayal situasi pada suatu tempat dan/ atau waktu tertentu, dan (3) Sosiodrama (sociodrama) yakni suatu pembuatan pemecahan masalah kelompok yang dipusatkan pada suatu masalah yang berhubungan dengan relasi kemanusiaan. Sosiodrama memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan alternatif pemecahan masalah yang timbul dan menjadi perhatian kelompok.
Berdasarkan kutipan tersebut, berarti metode bermain peran adalah metode pembelajaran yang di dalamnya menampakkan adanya perilaku pura-pura dari siswa yang terlihat dan/ atau peniruan situasi dari tokoh-tokoh sejarah sedemikian rupa. Dengan demikian metode bermain peran adalah metode yang melibatkan siswa untuk pura-pura memainkan peran/ tokoh yang terlibat dalam proses sejarah.
Free Automotive Online Classifieds
Free to post seller ads with pictures
Free to browse and reply to all ads
http://www.AutoWhat.com
Take advantage of this offer to place a Free Auto & Auto Parts classifieds ads at http://www.AutoWhat.com
1000’s of potential buyers visit the site daily all looking for thier next vehicle purchase so why not put your vehicle or auto parts in front of them to see!
Only take 3 easy steps and your classifieds ad is online
http://www.AutoWhat.com
Acura
Alfa Romeo
AM General
Aston Martin Lagonda Ltd.
Audi
BMW
Bugatti
Buick
Cadillac
Chevrolet
Citroen
DaimlerChrysler Corporation
Daewoo Motor Co.
Delorean Motor Company
Dodge
Ferrari
Fiat
Ford Motor Company
General Motors
GMC
Holden
Honda
Hummer
Hyundai
Infiniti
Isuzu
Jaguar Cars
Jeep
Jensen Motors
Kia
Laforza
Lamborghini
Lancia
Land Rover
Lincoln
Lotus Cars
Lexus
Maserati
Mazda
Mercedes-Benz
Mercury
MG
Minelli
The Mini Cooper
Mistubishi
Morgan Motor Co.
Mosler Automotive
Nissan
NUMMI
Oldsmobile
Opel
Packard
Panoz
Peugeot
Pontiac
Porsche
Proton
PSA Peugeot Citroen
Renault
Rolls-Royce
Rover Cars
Saab
Saturn
Shelby American
Skoda
Spectre Cars
Studebaker Motor Company
Subaru
Suzuk
Toyota
TVR
Vauxhall
Volkswagen
Volvo
Zimmer Motor Cars
nuhun kang, ngabantos pisan euy
terimakasih banyak pak, blog anda sangat membantu kami
makasih artikelnya sangat membantu sekali