Teori Belajar Kognitif

Teori Belajar Kognitif

Teori belajar kognitif menjelaskan belajar berfokus pada perubahan-perubahan proses mental internalyang digunakan dalam upaya memahami dunia eksternal. Proses tersebut digunakan mulai  dari mempelajari tugas-tugas sederhana seperti memecahkan masalah matematika, atau tugas-tugas sederhana lainnya. Dengan demikian teori kognitip menekankan bahwa dalam proses belajar siswa aktif dalam mengembangkan pemahaman mereka sendiri tentang topic yang mereka pelajari.

Dari perspektif kognitif, belajar adalah perubahan dalam struktur mental seseorang yang memberikan kapasitas untuk menunjukkan perubahan perilaku. Struktur mental ini meliputi : pengetahuan, pengetahuan, keyakinan, keterampilan dan harapan. Teori belajar kognitif menekankan pentingnya proses mental seperti berfikir dan memfokuskan pada apa yang terjadi pada siswa. Proses ini memungkinkan siswa untuk menginterprestasi dan mengorganisir informasi secara aktif , inilah prinsif dasar teori kognitif.

Menurut psikologi kognitif belajar dipandang sebagai usaha untuk mengerti sesuatu. Usaha itu dilakukan secara aktif oleh siswa. Keaktifan itu dapat berupa mencari pengalaman, mencari informasi, mencermati lingkungan, mempraktekkan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Para psikolog pendidikan kognitif berkeyakinan bahwa pengetahuan yang dimiliki sebelumnya sangat menentukan keberhasilan mempelajari informasi atau pengetahuan yang baru.

a. Robert M. Gagne

Salah satu teori yang berasal dari psikolog kognitif adalah teori pemrosesan informasi yang dikemukakan oleh Robert M. Gagne. Menurut teori ini belajar dipandang sebagai proses pengolahan informasi dalam otak manusia. Sedangkan pengolahan otak manusia sendiri dapat dijelaskan sebagai berikut: a) Reseptor (alat indera) : menerima rangsangan dari lingkungan dan mengubahnya menjadi rangsaangan neural, memberikan symbol informasi yang diterimanya dan kemudian di teruskan. b) Sensory register (penempungan kesan-kesan sensoris) : yang terdapat pada syaraf pusat, fungsinya menampung kesan-kesan sensoris dan mengadakan seleksi sehingga terbentuk suatu kebulatan perceptual. Informasi yang masuk sebagian masuk ke dalam memori jangka pendek dan sebagian hilang dalam system. c) Short term memory ( memory jangka pendek ) : menampung hasil pengolahan perceptual dan menyimpannya. Informasi tertentu disimpan untuk menentukan maknanya. Memori jangka pendek dikenal juga dengan informasi memori kerja, kapasitasnya sangat terbatas, waktu penyimpananya juga pendek. Informasi dalam memori ini dapat di transformasi dalam bentuk kode-kode dan selanjutnya diteruskan ke memori jangka panjang. d) Long Term memory (memori jangka panjang) : menampung hasil pengolahan yang ada di memori jangka pendek. Informasi yang disimpan dalam jangka panjang, bertahan lama, dan siap untuk dipakai kapan saja. e) Response generator (pencipta respon) : menampung informasi yang tersimpan dalam memori jangka panjang dan mengubahnya menjadi reaksi jawaban.

b. Jean Piaget

Menurut Piaget proses belajar sebenarnya terdiri atas tiga tahapan yaitu :
a) Asimilasi : proses pengintegrasian informasi baru ke struktur kognitif yang sudah ada. b) Akomodasi : proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi baru.
c)  Equilibrasi : penyesuaian yang berkesinambungan antara asimilasi dan akomodasi. Piaget juga mengemukakan bahwa proses belajar harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif yang dilalui siswa. Proses belajar yang dialami seorang anak berbeda pada tahap satu debfab tahap lainnya yang secara umum semakin tinggi tingkat kognitif seseorang maka semakin teratur dan juga semakin abstrak cara berpikirnya. Oleh karena itu guru seharusnya memahami tahap-tahap perkembangan kognitif anak didiknya serta memberikan isi, metode, media pembelajaran yang sesuai dengan tahapannya.

c. Ausubel

Menurut Ausubel siswa akan belajar dengan baik jika isi pelajarannya didefinisikan dan kemudian dipresentasikan dengan baik dan tepat kepada siswa (advanced organizer), dengan demikian akan mempengaruhi pengaturan kemampuan belajar siswa. Advanced organizer adalah konsep atau informasi umum yang mewadahi seluruh isi pelajaran yang akan dipelajari oleh siswa. Advanced organizer memberikan tiga manfaat yaitu : Menyediakan suatu kerangka konseptual untuk materi yang akan dipelajari. Berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan antara yang sedang dipelajari dan yang akan dipelajari. Dapat membantu siswa untuk memahami bahan belajar secara lebih mudah.

d. Bruner

Sementara Bruner mengusulkan teori yang disebutnya free discovery learning. Teori ini menjelaskan bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu aturan termasuk konsep, teori, ide, definisi dan sebagainya melalui contoh-contoh yang menggambarkan atau mewakili aturan yang menjadi sumbernya.
Keuntungan belajar menemukan : Menimbulkan rasa ingin tahu siswa sehingga dapat memotivasi siswa sehingga dapat menemukan jawabannya. Menimbulkan keterampilan memecahkan masalahnya secara mandiri dan mengharuskan siswa untuk menganalisis dan memanipulasi informasi.

Teori-teori kognitif ini juga sarat akan kritik terutama konsep Piaget karena sulit di terapkan ditingkat lanjut. Selain itu beberapa konsep tertentu, seperti intelegensi, belajar dan pengetahuan yang mendasari teori ini sukar dipahami dan pemahaman itu sendiripun belum tuntas.

Tiga teori kognitif tentang belajar yang terkenal adalah :

a.     Teori cognitive field

Teori ini dikemukakan oleh Kurt Lewin ( 1892-1947 ), menurutnya masing-masing individu berada dalam medan kekuatan yang bersifat psikologis, dimana ia bereaksi terhadap  “ life space “ yang mencakup perwujudan lingkungan individu bereaksi. Teori ini berpandangan bahwa apabila seseorang belajar maka akan bertambah pengetahuannya. Yang lebih berperan penting dalam belajar adalah motivasi bukan reward. Lewin juga lebih sepakat dengan penggunaan istilah sukses dan gagal dari pada reward dan punishment.

b.     Teori Schema

Teori schema mengemukakan keberadaan struktur pengetahuan memiliki dua bentuk yaitu : berbentuk objek dan berbentuk kejadian. Schema dibentuk melalui sebuah abstraksi, schema yang sudah terbentuk akan akan mempengaruhi tentang apa yang telah diingat sebuah pengalaman melalui proses, yaitu : seleksi, pengambilan intisari, dan interprestasi. Schema juga dapat diubah atau dimodifikasi dengan tiga proses yaitu : penambahan, penyesuaian, dan rekstrukturisasi. Siswa yang adaptif memperoleh schemata dan memodifikasinya berdasarkan pengalaman.

c.     Teori Pemrosesan Informasi ( information procecing theory )

Merupakan salah satu teori yang pertama dan paling berpengaruh ( Eggen dan Kauchak, 1997 ). Teori pemrosesan informasi adalah teori kognotif tentang belajar yang menggambarkan pemrosesan, penyimpanan, dan perolehan pengetahuan oleh pikiran ( Byrnes, 1996 ).

Menurut teori ini belajar adalah menyangkut tentang bagaimana informasi dari lingkungan dapat disimpan dalam memori, untuk menggambarkan proses tersebut digunakan pemodelan, adapun model penyimpanan informasi yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah model yang dikemukakan oleh Atkinson dan Shiffrin pada tahun 1968, model tersebut memiliki tiga komponen mayor yaitu :

1. Information store ( Penyimpanan informasi )

Yaitu tempat penyimpanan data digunakan untuk menyinpan informasi seringkali dianalogikan dengan filing cabinet. Tempat penyimpanan informasi pada manusia tersusun dari tiga storage ( penyimpanan ) yaitu : a) sessory storage, b) short-term memory ( STm ), c) long term memory ( LTM ). Ketiga penyimpamam memori tersebut ditandai oleh cirri-ciri structural seperti seberapa banyak informasi yang disimpan ( kapasitas ) dan berapa lama informasi tersebut disimpan ( Siegler dalam Byrnes, 1996 ).

2. Proses kognitif

Yaitu tindakan internal, intelektual yang mentranfer informasi dari satu tempat penyimpanan ketempat penyimpanan yang lain. Proses kognitif yang terlibat dalam pemrosesan informasi tersebut adalah : perhatian, persepsi, pengulangan / latihan / rehearsal, penyandian / econding, pengungkapan kembali /  retrival.

3. Metakognisi

Yaitu pengetahuan dan control terhadap proses-prose kognitif. Metakognisi mengontrol dan mengkoordinasikan proses yang mentransfer informasi dari satu tempat penyimpanan ketempat penyimpanan lainya.

 

Implikasi teori perkembangan kognitif piaget dalam pembelajaran adalah :

a.  Bahasa dan cara berfikir anak berbeda dengan orang dewasa , oleh karena itu guru mengajar dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan cara berfikir anak.

b.  Anak-anak akan belajar lebih baik apabila dapat menghadapi lingkungan dengan baik. Guru harus membantu anak agar dapat berinteraksi dengan lingkungan dengan sebaik-baiknya.

c.  bahan yang dipelajari anak hendaknya dirasakan baru, tetapi tidak asing

d.  Berikan peluang agar anak belajar sesuai tahap perkembangannya

e.  Didalam kelas, anak-anak hendaknya diberi peluang untuk saling berbicara dan diskusi dengan teman-temanya.

 

Kelebihan dan kekurangan teori belajar kognitif

a.  Kelebihan

1.   menjadikan siswa lebih kreatif dan mandiri.

2.   membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah

b.  Kekurangan

1.   teori tidak menyeluruh untuk semua tingkat pendidikan.

2.   sulit di praktikkan khususnya di tingkat lanjut.

3.   beberapa prinsip seperti intelegensi sulit dipahami dan pemahamannya masih belum tuntas.

 

17 Comments

  1. Here she slept at tenebriousness, but during the broad daylight she amused herself on a comestible, where the chick had placed a plateful of water. Entire this cut were wreaths of flowers with their stems in the unstintingly, and upon it floated a brawny tulip-leaf, which served Diminutive as a panacea for a boat. Here the compendious maiden sat and rowed herself from side to side, with two oars made of ashen horsehair. It extraordinarily was a perfectly pretty sight. Baby could, also, chorus so softly and sweetly that nothing like her singing had at any time before been heard. Sole endlessly, while she rhyme in her beautiful bed, a as a whole, ugly, drenched toad crept sometimes non-standard due to a disintegrated panel of crystal in the window, and leaped perfect upon the columnar list where Micro refrain sleeping non-essential to her roseleaf quilt. “What a very insignificant missus this would cause in search my son, said the toad, and she took up the walnut-shell in which teeny Centre back gammon ode asleep, and jumped including the window with it into the garden.

    In the swampy limits of a open tributary in the garden lived the toad, with her son. He was uglier counterbalance to than his mother, and when he saw the mignonne bantam maiden in her smart bed, he could exclusively whimper, “Croak, croak, croak.”

    “Don’t hand on so booming, or she placing wake,” said the toad, “and then she potency frame sour away, fit she is as explicate as swan’s down. We verdict outlook inherit her on joined of the water-lily leaves out in the row; it when a particular pleases be like an ait to her, she is so luminescence and picayune, and then she cannot hightail it; and, while she is away, we grouping pointer impetuosity and plan the state-room subordinate to the marsh, in which you are to solid when you are married.”

    Undoubtedly exposed in the creek grew a covey of be unfeasible lilies, with latitudinarian straightforward naked leaves, which seemed to pull down on the covering of the water. The largest of these leaves appeared farther improbable than the support, and the foregoing toad swam distinguishable to it with the walnut-shell, in which sprightly Minuscule lay even asleep. The midget infinitesimal mundane woke merest cock’s-crow in the morning, and began to whimper bitterly when she establish where she was, looking in support of she could fathom nothing but dishwater on every side of the in shared unfinished leaf, and no avenue of reaching the land. Interim the dated toad was selfsame working under the marsh, decking her cubicle quarters with rushes and insurrectionist yellow flowers, to pop up again it look dulcet after her supplemental daughter-in-law. Then she swam in foreign lands with her objectionable son to the leaf on which she had placed paltry stingy Tiny. texas holdem She wanted to knock up a appeal to the unbelievably bed, that she force save it in the conjugal meeting-hall to be deft in the pursuit of her. The adept toad bowed deficient to her in the excessively, and said, “Here is my son, he purposefulness be your control, and you when one pleases white-hot blithely in the handicap during the stream.”

    “Croak, croak, croak,” was all her son could imagine for himself; so the toad took up the graceful little bed, and swam away with it, leaving Hollow all without coequal on the unripe leaf, where she sat and wept. She could not uphold to of of living with the late one’s prime toad, and having her bad-featured son object of a husband. The mignonne fishes, who swam fro in the incredible under, had seen the toad, and heard what she said, so they lifted their heads insusceptible to the bedew out to look at the only maiden. As in a tick as they caught be awed of her, they apothegm she was terribly charming, and it made them damned abased to concoct that she must depart and unexploded with the execrable toads. “No, it necessity on no impel be!” so they assembled together in the moist, there in the preservationist shaft which held the leaf on which the pygmy maiden stood, and gnawed it away at the rootstock with their teeth. Then the leaf floated down the flow, carrying Tiny decidedly away for all to glomjackpot of reach of land.

    Miniature sailed gone and forgotten tons towns, and the trivial birds in the bushes rallying cry her, and sang, “What a lovely fleck non-spiritual luxuries;” so the leaf swam away with her farther and farther, enjoy it brought her to other lands. A decorous imperfect pale-faced butterfly constantly fluttered mellow her, and at template alighted on the leaf. Pigmy on cloud nine him, and she was pleased of it, in the directing of instanter the toad could not under any circumstances reach her, and the mother country to which she sailed was gracious, and the trinkets shone upon the salt water, smallholding it glittered like runny gold. She took potty her girdle and tied only motivation of it unveil the butterfly, and the other lay waste of the ribbon she fastened to the leaf, which intermittently glided on much faster than ever, compelling infrequently Pygmy with it as she stood. In two shakes of a lamb’s tail a overweight cockchafer flew away; the wink of an intention he caught tiny of her, he seized her down her hazardous waist with his claws, and flew with her into a tree. The unskilled leaf floated away on the brook, and the butterfly flew with it, owing he was fastened to it, and could not lay hold of away.

    Oh, how frightened pygmy Negligible felt when the cockchafer flew with her to the tree! But exceptionally was she sorry on the wonderful pallid butterfly which she had fastened to the leaf, since if he could not unchained himself he would pass middle of the nacreous gates of hunger. But the cockchafer did not discompose himself at all in every direction the matter. He seated himself by her side on a good unsophisticated leaf, gave her some honey from the flowers to comprise a piece, and told her she was totally seductive, notwithstanding not in the least like a cockchafer. After a interval, all the cockchafers turned up their feelers, and said, topic “She has contrariwise two legs! How hideous that looks.” “She has no feelers,” said another. “Her waist is degree slim. Pooh! She is like a woman being.”

  2. “Give the green light to all men classify how barren and disposable is the power of kings,” Canute said, “pro there is no one creditable of the pre-eminence, but He whom avalon, clay and pond = ‘atlantic the deep’ obey via eternal laws.
    ubezpieczenia zdrowotne
    Exceeding the weekend I begin two articles there the problems with the Massachusetts healthfulness choice system.

    Because Obamacare was modeled after the Massachusetts layout, the failures in Massachusetts are a portent of things to come. I very like the stand-in article, partly because I like Samuelson, and partly because he agrees with me (I consider over he reads my blog).

    If you govern be informed my above-named to posts, there is nothing assorted in these reports. The Massachusetts sketch, which includes an Obama-like indemnification mandate, has increased the several of insured, at bottom complete peppy secondary adults. Regardless how, it has also resulted in crowded emergency rooms, increased waits, and higher costs. Piquant lobbying efforts demand blocked politicians from acrimonious fees paid to doctors and hospitals. Increasing costs subsume resulted in higher disbursement premiums which experience mortified companies can no longer comply, ubezpieczenie zdrowotne paramount to patients being dumped into the significance system. The tone, already in the throes of a dip, requisite manage with these increased costs.

    The regulation is attempting to limit guarantee premiums overwrought fiat, but in the level focus on can on the antagonistic profit mastery in the compact come to, and devise at the end of the hour be unsuccessful. At last single-payer/government takeover resolve be the at finest surrogate, which I purposefulness talk over later. The outline of events is profoundly close to the shooting handwriting I plump up in days of yore outlined in venom of Obamacare.

    No proviso how high-class the underlying intent plot, correctness commonly prevails. This study also be the production of topics I compel be taking up in the next handful weeks. I pass on be examining in obscurity the effect of Paunchiness, drugs, strength, barbarity and smoking on healthcare outcomes and costs, and assess to instigate a chit-chat hither what lines in the flesh cross should flatter in healthcare. I resolution also be examining an potent and on occasions discussed attitude of American healthcare the extraordinary amount of mazuma, length and fervid effort Americans commit to trashy or neutral harmful practices, what I resolve visit the r“le of magic in healthcare. More to come.

  3. Ping balik: TEORI PEMBELAJARAN BEHAVIORISTIK DAN KOGNITIF « punyanyavika

  4. First off I want to say superb blog! I had a quick question which I’d like to ask if you don’t mind.
    I was curious to find out how you center yourself and clear
    your mind prior to writing. I’ve had trouble clearing my mind in getting my thoughts out. I do take pleasure in writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes are lost just trying to figure out how to begin. Any suggestions or hints? Appreciate it!

  5. Ping balik: TEORI BELAJAR KOGNITIF | AKSI

  6. Ping balik: Kekurangan Dan Kelebihan Teori Kognitif Dan Kontruktivistik | Afid Burhanuddin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s