Peserta Didik SMP Negeri 10 Lahat Meraih Mendali Perunggu di FLS2N, Tingkat Provinsi

Pencak Silat SMPN 10 LahatLahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Dua peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Lahat, meraih mendali perunggu pada ajang Festival Lomba Senin Siswa Nasional (FLS2N), tingkat Provinsi.

Dengan kebehasilan kedua peserta didik atas nama Rico Davela dan Siti Aisyah ini, membuktikan bahwa olahraga pencak silat masih diminati oleh kalangan pelajar di Kabupaten Lahat. Dimana, kedua pelajar tersebut mendapatkan juara ketiga dalam ajang FLS2N, tingkat Provinsi.

“Atas keberhasilan yang diraih oleh dua peserta didik ini, setidaknya telah membuktikan jika olahraga pencak silat masih eksis di bumi Seganti Setungguan (Sebutan untuk Kabupaten Lahat). Sebelumnya, kedua peserta didik ini meraih juara pertama FLS2N di tingkat Kabupaten. Lalu dilanjutkan ke tingkat Provinsi, dan berhasil meraih juara ketiga,” terang Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 10 Lahat, H Arif Hidayat, M.Pd.I

Diraihnya mendali perunggu oleh dua pelajar ini, menurut Arif Hidayat, M.Pd.I, cukup menjadi kebanggaan tersendiri baik pihak Sekolah mupun nama baik Kabupaten Lahat. Pasalnya, olahraga pencak silat saat ini kondisinya sudah mulai ditinggalkan dan cenderung kurang diminati oleh generasi pelajar.

“Jelas keberhasilan yang cukup cemerlang. Selain kami ucapkan selamat kepada dua peserta didik tersebut yang membawak nama baik asal Sekolah, juga mengharumkan nama Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lahat,” tukas Arif Hidayat, M.Pd.I lagi.

Dijelaskan Arif Hidayat, M.Pd.I, olahraga pencak silat merupakan kebudayaan yang mesti tetap dijaga dan dilestarikan. Terutama kepada anak-anak sebagai generasi penerus yang juga harus mampu menjaga dan mengembangkannya dikemudian hari. Sehingga, kebudayaan daerah itu tidak punah.

“Untuk itu, kita berharap agar kedepan juga mampu menjadi juara dalam setiap kesempatan perlombaan yang diagendakan. Serta mampu mengharumkan nama baik Kabupaten Lahat, di tingkat Provinsi maupun nasional,” harap dia.

Yang jelas, sambung Arif Hidayat, M.Pd.I, selain untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam olahraga, latihan pencak silat yang rutin dilaksanakan seminggu sekali itu juga untuk mengefektifkan waktu luang yang dimiliki oleh anak-anak agar lebih produktif.

“Kalau untuk latihan sendiri, kita lakukan dalam satu minggu sekali dan waktu libur, tujuannya, agar supaya anak-anak ini ada kegiatan, dan tidak Cuma bermain,” tukasnya.

Sumber: jurnalsumatra.com

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s