Workshop Psikologi Keluarga dan Outbond SMP Negeri 10 Lahat

11051737_806097679482284_9009204693939495386_nApapun jenisnya, outbound – dengan berbagai jenis petualangan (adventure) dan permainan (games) yang biasa dijalankan – sebenarnya memiliki manfaat yang beragam, di antaranya: (1)   komunikasi efektif (effective communication), (2)   pengembangan tim (team building), (3)   pemecahan masalah (problem sulving), (4)   kepercayaan diri (self confidence), (5)   kepemimpinan (leadership), (6)   kerja sama (sinergi), (7)   permainan yang menghibur dan menyenangkan (fun games), (8)   konsentrasi/fokus (concentration), dan (9)   kejujuran/sportivitas.

Sekilas, outbound memang terkesan sebagai aktifitas santai-santai belaka, gimana engga? Abis, aktifitasnya berkutat diseputar permainan yang seru dan menyenangkan, dilakukannyapun dalam suasana santai. Namun, jangan sampai kita meremehkan kegiatan satu ini, soalnya dibalik image santai dan funnya ada segudang manfaat dari outbound  loh.

Beberapa contohnya, bisa mempererat kekompakan antar karyawan, tahu sendiri hampir semua kegiatan outbound selalu dilakukan berkelompok. Untuk menyelesaikan suatu tantangan dibutuhin banget tuh yang namanya kerjasama tim. dengan terciptanya semangat kerjasama dan senasib sepenanggungan, maka rasa solidaritas akan muncul dengan sendirinya. outbound training juga dapat menghilangkan jarak (gap) antara atasan dan bawahan, maupun pegawai baru dan pegawai lama yang ampir terjadi disetiap instansi swasta maupun pemerintah,. kalaw senior dan junior berada dalam satu tim, mau ga mau mereka “dipaksa” harus bisa bekerjasama dan melakukannya bersama-sama. yang mungkin tadinya dikantor hanya sekedar tahu nama dan ada rasa sungkan antara atasan dan bawahan begitupun sebaliknya, dijamin setelah outbound akan bisa akrab dari sebelumnya.

Beragam tingkat kesulitan dalam permainan juga dapat membangun sikap pantang menyerah dan menumbuhkan sikap percaya diri peserta, terutama saat mereka bisa menyelesaikan tantangan atau game yang diberikan. Keberanian dalam menghadapi tantangan dan resiko dengan sendirinya akan terbangun selama peserta mengikuti outbound.

Oleh karena itulah, Keluarga Besar SMP Negeri 10 Lahat mengadakan outbound sekaligus workshop Psikologi Keluarga di Kebun Binatang Wari, Lahat Sumatera Selatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s