SMP Negeri 10 Lahat Memperkenalkan Program Jum’at Berbagi

Assalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakaatuh

launching-program-jumat-berbagi

Bismillahir Rahmaanir Rahiim

Alhamdulillah SMP Negeri 10 Lahat memiliki beberapa program baru, di antaranya adalah “Program Jum’at Berbagi.” Untuk sementara program ini diprioritaskan kepada peserta didik kelas VII (tujuh).

Program ini kami laksanakan pada hari Jum’at secara reguler dan blok. Setiap hari Jum’at ada satu orang peserta didik di setiap kelas yang sudah dijadwalkan oleh wali kelas secara bergilir untuk membawa sejumlah makanan/minuman ringan. Kemudian makanan/minuman tersebut akan dibagi-bagikan kepada seluruh teman sekelasnya dibawah pengawasan wali kelas/guru mata pelajaran pada waktu istirahat.

Adapun secara blok, setiap satu/dua bulan sekali tim pembiasaan keislaman SMP Negeri 10 Lahat dan dibantu guru, tata usaha dan peserta didik lainnya akan turun ke jalan membagi-bagikan bingkisan berupa makanan/minuman atau barang kepada masyarakat sekitar, di antaranya petugas POLISI SATLANTAS, tukang becak, tukang ojek dan lainnya.

Program Jum’at Berbagi ini kami laksanakan dalam rangka mengamalkan ayat-ayat al-Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pentingnya berbagi dengan sesama.

Allah Ta’ala berfirman,

آَمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَأَنْفِقُوا مِمَّا جَعَلَكُمْ مُسْتَخْلَفِينَ فِيهِ فَالَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَأَنْفَقُوا لَهُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” (QS. Al Hadiid: 7)

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu juga disebutkan,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya”, sedangkan yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)

Berdasarkan dalil di atas, maka slogan Launching Program Jum’at Berbagi SMP Negeri 10 Lahat adalah “BERBAGI TAK PERNAH RUGI.”

Tunggu launching program selanjutnya, yaitu “Program Sabtu Mengaji.” Salam SMART 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s