Mendiknas Bersama Menteri Lingkungan Hidup Tandatangani MoU Pendidikan Lingkungan Hidup

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup melaksanakan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) tentang Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dengan Kementerian Pendidikan Nasional yang dilakukan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta dan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh, bertempat di Gedung A lantai 3, Kementerian Pendidikan Nasional, pada Senin, (01/02).

Penandatanganan kesepakatan bersama antara Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan Nasional adalah salah satu amanah yang dikeluarkan oleh UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang disebutkan dalam pasal 65 ayat 2 bahwa salah satu hak masyarakat adalah mendapatkan pendidikan lingkungan hidup oleh karenanya penandatanganan ini merupakan pembaharuan dari kesepakatan yang sudah dimiliki pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan Nasional yang disepakati pada bulan juni tahun 2005 untuk melakukan pembinaan dan pengembangan pendidikan lingkungan hidup.

Dalam sambutannya, Menteri Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta mengatakan bahwa tujuan utama dari kesepakatan kita ini adalah kita berusaha bagaimana pendidikan lingkungan hidup ini terintegrasi dalam kurikulum pendidikan nasional dengan harapan untuk mewujudkan perilaku dan berbudaya lingkungan hidup.

Dalam kesepakatan bersama ini meliputi pengembangan pelaksanaan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan yang kita kenal dengan Education for Sustainable Development (ESD) sebagai salah satu pola untuk mengikuti kesepakatan internasional didalam pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup diseluruh dunia, hal ini adalah untuk melakukan revitalisasi didalam perubahan-perubahan karakter pendidikan yang selama ini dilakukan diberbagai lembaga pendidikan untuk memasukkan aspek lingkungan hidup agar terbentuk perilaku manusia yang berbudaya lingkungan hidup.

Pada acara yang sama, Mendiknas, Mohammad Nuh menjelaskan bahwa Ide dasarnya itu bagaimana kita bisa menjadikan urusan lingkungan hidup itu bisa menjadi “ideologi”, ideologi itu tidak lain adalah internalisasi value, jadi nilai-nilai masalah lingkungan itu bisa tertanam dalam diri kita semua, anak didik kita semua, bangsa kita secara keseluruhan, tentang pentingnya mulai dari sifatnya prefensi sampai ke penyembuhan-penyembuhan dan mengembangkan kualitas lingkungan hidup itu.

“Tidak cukup kalau hanya sebagai ideologi yang dibutuhkan berikutnya adalah bagaimana menterjemahkan ideologi itu dalam perilaku-perilaku praktis yang langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh kita. karena ideologi itupun juga dibangun dari kebiasaan-kebiasaan itu sendiri oleh karena itu dalam proses pembentukan ideologi itu proses belajar mengajar menjadi suatu media yang sangat-sangat strategis”, jelas Mendiknas.

“Oleh karena itu proses pembelajaran, proses pendidikan menjadi kata kunci, apakah yang bisa kita lakukan dalam langkah praktis, yang pertama yaitu penguatan institusi baik PSL (Pusat Studi Lingkungan) dimana tidak hanya sebagai tempat belajar melainkan juga harus kuat dalam pengimplementasiannya. yang kedua, adalah kita berikan apresiasi/penghargaan/reward kepada sekolah-sekolah adiwiyata dan mari kita kembangkan adiwiyata-adiwiyata baru sehingga jumlahnya bertambah besar, kualitasnya pun juga bertambah baik serta ada kelas-kelas dari adiwiyata itu”, kata mendiknas.

Melalui kesepakatan ini diharapkan pengembangan pendidikan lingkungan hidup di Indonesia dapat lebih efektif dilaksanakan. Selain itu pelaksanaan berbagai program pendidikan lingkungan hidup seperti program adiwiyata yang telah berjalan sejak tahun 2006 dan saat ini sudah mencapai skala nasional dalam upaya mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

Salah satu agenda konkrit dari kesepakatan tersebut adalah pembentukan Kelompok Kerja (POKJA) Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) yang memiliki tugas menyusun grand design PLH, mengkoordinasikan implementasi program dan kegiatan PLH serta memantau dan evaluasi pelaksanaan kesepakatan ini.

Sumber:  https://alhafizh84.wordpress.com/2010/02/19/mendiknas-bersama-menteri-lingkungan-hidup-tandatangani-mou-pendidikan-lingkungan-hidup/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s