5. Buku Tamu

Akhirnya… tersedia juga buku tamu untuk pengunjung di blog ini !
Weblog: SMP Negeri 10 Lahat
Alamat: Jalan Ahmad Yani No. 193 Pagar Agung 31417 Lahat

Buku tamu ini diperuntukan bagi pengunjung yang ingin kasih saran, kritik, komentar, pertanyaan, ngobrol atau lain sebagainya tanpa ada sangkut pautnya dengan materi-materi di blog ini secara langsung.

Oleh karena itu, saya sangat senang sekali bila pengunjung blog ini juga bisa mencantumkan nama dan e-mailnya  di sini agar saya juga bisa berkunjung ke blog anda untuk menjelajahi dunia maya atau untuk kasih info-info terbaru ke e-mail anda.

Terima kasih… mudah-mudahan dapat bermanfaat !

592 Comments

  1. Untuk mbak Hesti, Tiah, dan Ina: Saya juga senang bisa kenal anda melalui blog ini, saya merasa senang bisa memberi sedikit kebaikan kepada anda semua. Jika anda membutuhkan sesuatu silakan tinggalkan pesan saja, jika saya bisa bantu secepatnya saya akan bantu. thank’s

    Untuk Mas Yusuf: Kalau butuh silabus dan rpp SMA kelas XII, silakan lihat posting saya pada halaman “Download Silabus dan RPP: SMA/MA seluruh mata pelajran ada. Kalau sudah ketemu dan didownload tolong tinggalkan pesan yach…!

  2. Alhamdulillah bisa berkunjung ke blog Pak Hafiz Muthoharoh, S.Pd.I. blog ini adalah blog yang menarik karena menampilkan posting tentang agama dan pendidikan. Update terus tambahin kategorinya. Salam dari anak izzuddin. heheheh….!ws

  3. Ass.
    Terima kasih, semoga materi RPP dan silabus berguna bagi guru Indonesia.
    Mohon RPP dan Silabus dilengkapi, atau saya boleh ikut menyumbang pikiran, pendapat, dan ide ?
    Wass

  4. Buat k’eswanto and k’bukroni yang sudah kunujungan and kasih komentar serta semangannya, ana ucapkan terima kasih. suksees selalu juga.amin!!!
    Jangan lupa kunjungan lagi yach….heheheh
    salam buat rekan guru_guru di sana, and kalau mo download silabus+rpp SD,SMP,SMA di sini aja yach..
    was…

  5. Buat mbak Aini: syukron atas doanya, saya juga berdoa semoga anda mendapat kebaikan di sisi_Nya.

    Buat mbak Yolanda: Alhamdulillah kalau blog saya bermanfaat buat umat. Semoga Allah merahmati anda. amin

    And untuk AbuKhadijah: Wa’alaikumussalam wr wb.. Silakan mampir jangan bosan_bosannya untuk kunjungi blog saya. Kalau boleh tau alamat blognya apa? Insya Allah saya kunjungan ke blog anda. jzklh

  6. Wa’alaikumussalam,
    Salam kenal juga pak…,silakan didownload artikel-artikelnya! Mudah-mudahan bermanfaat.amin..!

    Maaf pak, mungkin ketika saya masuk ngajar di SMPN 1 Kikim Barat Pak Tasidin sudah pindah, jadi sekarang yg ngajar Matematikanya Pak Suparno, S.Pd.

    Terima kasih atas kunjungannya, jangan bosan2 yach..! Ws

  7. ck..ck..ck…..makin keren bae bapak sikok ini. boleh lah…pengunjungnyo lah ngalahi yo….cak mano caro nyo bro???
    pertanyaan hafiz tu membuat kk malu…bukannyo kk yg hrs bnyak nanyo ke hafiz tntng design blog???……..slamat yooo..terus berkarya….

  8. Untuk semua pengunjung, saya ucapkan terima kasih – jazakallahu khairon katsiron -, mudah_mudahan menjadi amalan jariyah di sisi Allah Ta’ala.aamiin.

    Khusus buat k’eswanto, afwan bgt bukn itu maksunya waktu itu, ana lagi cari tau buat trafik, lencana facebook, dll. eeeeeh alhamdulillah banyak yg ana pelajari dr blog k’eswan. oleh karena itu, ana ucapkan jzkallah..:-)

  9. Buat Fitrotul Fadhillah, Agus RN, Sugito, dan Rampadan saya ucapkn terima kasih ats kunjungan anda, silakan download atau copy paste tulisan yg ada di dalam blog ini dgn mencantumkn sumbernya.

    Khusus buat Rampadan, terima ksih masukknnya, cz sbelumnya juga ada yg bilang begtu. ws

  10. Buat mas Sakti, Ika Maya Susanti, Pembicara INTERNET MARKETING, and Yeyen, saya ucapkan terima kasih telah berkunjung.

    Khusus buat pembicara Internet Marketing jazakallah atas doanya.

    Mudah_mudah semuanya menjadi bernilai pahala di sisi Allah Ta’ala yang akan memberatkan timbangan kebaikkan kita di yaumul hisab (hari perhitungan). aamiin !!!

  11. maaf saya minta ijin ngambil artikelnya buat skripsi. saya guru sma jurusan bahasa jepang kebetulan saya lagi meneliti tentang sistem pendidikan yang ada dalam novel toto chan, saya salut sama jenengan masih muda dan punya prestasi luarbiasa semangat, sayang saya belum bisa buat blog .trimakasih banyak ijinnya.

  12. Tidak perlu minta maaf Mbak Maya Nurida, saya yg seharusnya minta maaf karena komentar anda ini baru saya tampilkan, karena masuk kotak Spam, baru dikeluarin skrg.

    Iya sama-sama atas motivasinya, melihat psikologi kualitas tulisan anda dan kompetensi yg anda miliki sebagai guru yg mengajar bahasa asing, sebenarnya sudah jelas bahwa anda adalah orang yg cerdas, maka saya juga sangat salut dan menaruh hotmat kepada jenengan.

    Kalau jenengan sudah punya bloh tolong di kasih tau yach biar saya pasang link blog anda di blog saya.

    Salam sukses selalu..! 🙂

  13. Wa’alaikumussalam Adi..,
    Hehehehe..ketahuan nich 🙂 jadi malu,,,???
    Iya dapat link dari blog jeme lahat yang lainnya.

    oh iya, kami keluarga besar SMPN 1 Kikim Barat mengucapkan: “Selamat atas prestasi siswa SMAN 4 Lahat meraih juara 1 Lomba Siswa Cerdas di Palembang.” Selalu berkarya dan berprestasi demi kemajuan kita bersama, khususnya dunia pendidikan Kabupaten Lahat. aamiin !

    Terima kasih atas kebaikannya.

  14. Wah menarik skali. senang rasanya bersilaturahmi dg sesama praktisi pendidikan di dunia maya. sy juga lagi berjuang tuk buat web osis dan skolah sndiri. walaupun skolah kami dipinggiran tp keinginan ber-IT menggebu-gebu mas…

  15. Wa’alaikumussalam warahmatullahi wa barakaatuh, buat semuanya yang telah mengisi buku tamu kami 🙂

    buat iday aghaff sekarang lgi diusahain untuk silabus and rpp tingkat MTs, terima kasih juga kunjungan H.CARSO, khusus buat Gito 456 kami doakan semoga apa yang anda cita-cita akan segera terwujud.

    And then buat Elti, kami juga senang atas kunjungan jeme kite, hehehe (kalau ad blog mohon ditulis alamatnya biar kami kunjungan juga)

    Buat Wahid Banjay, silakan didownload coz semua yg ada di blog kami halalan thoyyiba untuk didownload. and buat Mukhtamurlan kami merasa senang jika apa yg kami tuliskan dapat bermanfaat bagi pengunjung, semoga semua ini bernilai pahala di sisi Allah Ta’ala yang akan memberatkan timbangan amal kebaikan kelak di yaumih hisab. aamiin…!

    Buat Ms. Resty yang sangat kami hormati dan kami banggakan, sebelumnya terima kasih banyak atas kunjungan ke blog kami yg sederhana ini, Insya Allah nanti kita bisa sharing tentang FAIKEM and CTL. coz sekarang kami lagi sibuk UN, US, UP, dan UB. ws

  16. Terima kasih sudah berkunjug pak Hafiz.
    Ini sekedar sharing, mudah-mudahan ada yang cocok dan dapat diaplikasikan di sekolah bapak.

    1. Selain sebagai wali kelas, saya juga mengajar di kelas rendah sebagai guru mata pelajaran bahasa Inggris. Pertemuaannya pun terbatas hanya 1 x seminggu. Di awal pertemuan, saya harus memberikan good impression pada anak-anak sehingga timbul rasa cinta terhadap pelajaran yang saya ampu. Biasanya saya isi dulu dengan permainan tentang materi pelajaran, misalnya permainan pesan berantai, bingo, ‘kentang panas’ dll. Setelah good impression terbentuk, barulah saya mulai masuk ke dalam materi

    2. Pola teksbook membuat anak diam tapi tidak aktif. Pola ini bukan berarti tidak perlu, tapi jangan dijadikan satu-satunya teknik . Saya sering berpikir keras untuk mencari teknik yang cocok digunakan dan dituangkan ke dalam RPP.

    Dalam setiap RPP, saya usahakan untuk multi metode; brain storming, role play, permainan, inquiry, demonstrasi , quiz dll. Saya ingin anak-anak tidak hanya duduk, diam dan rapi. Tapi juga aktif berinteraksi. Saya membuat LKS untuk kerja individu atau kelompok seperti; menyusun Puzzle, mencari wacana dari daftar keywords yang tersedia , menjodohkan dll.

    3. Untuk Sumber bacaan. Saya minta kontribusi anak-anak untuk menyumbangkan buku. Buku-buku ini jika terbatas digunakan per kelompok secara rotasi.

    4. Dalam beberapa pertemuan, paling tidak ada beberapa produk siswa yang dapat didisplay di kelas. Setelah konsep materi telah tertanam, sebagai tahap lanjutan dalam pertemuan berikutnya, saya minta anak-anak membuat sesuatu sebagai hasil karya mereka. Misalnya dialog, Karangan, atau membuat sumber belajar sendiri misalnya nama-nama hari, angka dsb. Pekerjaan itu dibuat anak-anak di kelas

    5. Keterbatasan dana, memang kadang-kadang membuat saya sedih. Tapi saya mencoba membuat display kelas dari bahan-bahan bekas seperti bekas kartu undangan, brosur-brosur promosi (biasanya bimbel), kertas majalah/koran yang warna-warni dsb.

    6. Kerja sama dengan guru-guru lain, terutama wali kelas juga ikut memegang peranan.

    Itulah pengalaman sederhana saya, pak Hafiz. Mudah-mudahan ada manfaatnya

    Salam hangat untuk guru-guru SMPN 1 Kikim barat.

  17. assalamualaikum wr wb . . . .
    saya butuh referensi tentang media realia dalam meningkatkan vocanulary anak SD bisa bantu g mas?????????? syukron 😀
    Kalo bisa tolong scepatnya,oya salam kenal sebelumny . . .

  18. Waduuuh, mohon maaf baget Mas Ikang Fauzi, kami juga tidak memiliki referensi yg detail tentang media Realia. Saya juga hanya tahu sebatas pengertian saja:

    Media realia adalah benda nyata. Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas, tetapi siswa dapat melihat langsung ke obyek. Kelebihan dari media realia ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Misal untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup, klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, dan organ tanaman.

    Mungkin anda bisa menghubungkannya dengan kemampuan vocabulary siswa. Ini ada alamat situs yg dapat anda kunjungi karna di bagian bawahnya ada tempat bertanya, mudah-mudahan bermanfaat:

    http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-0531107-111545/

    Sekali lagi kami mohon maaf, karna kali ini kami tidak bisa banyak membantu pengunjung yg bertanya atau membutuhkan sesuatu. ws

  19. Kunjungan balik dan terima kasih telah mampir di tempat saya.
    Terkait pertanyaan Bapak, mungkin Bapak dapat menelusuri lebih jauh tulisan -tulisan yang tersedia dalam blog saya.
    Tetap semangat dan terus berkarya untuk pendidikan

  20. Okelah kalau begitu…!!!

    Jika pak Akhmad Sudrajat membaca komentar balasan kami ini. mohon dituliskan langsung alamat tulisan tentang media realia tersebut yg ada di blog bapak, biar kami bisa langsung lihat ke TKP. 🙂

  21. Assalamu’alikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Salam kenal akhi.
    Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. ini kunjungan balik saya ya.
    Saya Insya Allah saya karkun dari Medan. Insya Allah istiqomah dalam dakwah doakan saya ya akhi dakwah kita semua diterima Allah Subhana wata’ala. Amin.

  22. Wa’alaikumussalam warahmatullahi wa barakaatuh..
    Salam kenal juga akhiy, senang bisa kenal antum walau hanya lewat dunia maya, mudah-mudahan menjadi amal kebaikan di sisi Allah Ta’ala yang akan memberatkan amal kebaikan pada yaumil hisab (hari perhitungan) kelak di akhirat. aamiin ! 🙂

  23. kunjungan balasan dari Guru SMP Nurul Falah Pekanbaru. ini blog pribadi saya. terima kasih juga sudah meng link blog smp NF. Bapak juga boleh pasang gambar banner link saya ke blog bapak.. wah blog bapak bagus kunuungannya banyak juga. salam kenal ya.
    wassalam

  24. Maaf pak Syaiful biar ada simbiosis mutualisme (hubungan saling menguntungkan) gimana kalau link blog kami juga atas nama “Blog Guru SMPN 1 Kikim Barat.” agar dipasang di blog bapak??? Mohon konfirmasinya, kami tunggu. heheheh 🙂

    Oh iya, kalau bapak punya link blog SMP yang lain mohon dikonfirmasikan kepada kami biar kami bisa kunjungan ke blog atau website mereka, syukron katsiron, jazakallah..ws

  25. Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Sebelumnya ana ucapkan terima kasih atas tukeran linknya. Link antum sudah ana pasang di halaman tukeran link blog ana.

    mengenai pertanyaan yang mungkin sebetulnya bukan untuk ana. Ana hanya seorang hamba allah yang sedang mencari jalan lurus sesuai Quran dan sunnah.

    wasalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  26. Ma’a syukri (sama_sama)….

    kalau boleh kasih tausyiah: “Kalimatnya jangan berkat antum (anda) ana (saya) jadi enak mengajar.”

    tapi gunakanlah kalimat, “Berkat Allah Ta’ala kemudian berkat anda ana jadi enak mengajar.” [Hal ini berdasarkan dua riwayat hadits yang shahih yang semuanya diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hambal]

    penjelasan ini kami baca dalam kitab “Golongan Yang Selamat” karya Syaikh Muhammad Jamil Zainu. ws

  27. assalamualaikum… alhamdulillah saya menemukan blog anda
    saya menggogling situs2 yang menyedia file2 perangkat pembelajaran

    pamit untuk surfing di blog nya ya…

    salam kenal dari saya
    lily

  28. assalamu”alaikum..

    sore pak.. bisa minta bantuan ndak pak.. kebetulan kantor kami sedang melakukan pendataan sekolah-sekolah swasta yang berada dibawah naungan yayasan islam di Kabupaten Lahat..

    bisa dituliskan sejarah ringkas dari sekolah-sekolah tersebut.. kebetulan kantor kami berada di Propinsi Sumatera Barat.. mana tahu bapak bisa membantu..

    atas bantuannya kami ucapkan terima kasih

  29. Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakaatuh
    Waduuh maaf pak Efrianto, kalau untuk sejarah dari masing sekolah-sekolah agak susah memndapatkan datanya, karna saya juga termasuk orang baru di kabupaten Lahat sekitar 1 tahun ini, tapi kalau nama-nama sekolahnya insyaAllah saya usahakan untuk mendapatkan datanya. bagaimana ??? ws

  30. CONGRATULATION, APA YANG SUDAH ANDA SUMBANGKAN LEWAT BLOG INI BEGITU BERHARGA BAGI KAMI DI MALANG. SEMOGA SUMBANGSIH ANDA INI MAMPU MEMOTIVASI KAMI UNTUK SELALU MENJADI LEBIH BAIK DARI KEMARIN. MATUR NUWUN

  31. Wa’alaikumussalam wr.wr
    Waduuuh mohon maaf sebelumnya kalau unruk silabus dan rpp Lingkungan Hidup kami belum punya. InsyaAllah jika sudah ada kami akan segera mengirimkannya ke alamat e-mail anda.

    oh iya, sebaliknya jika anda sudah mendapatkannya terlebh dahulu, kami mohon untuk berbagi dengan kami, sebab biar kami bisa berbagi dengan yang lainnya jika ada yang membutuhkannya. thank’s

    Sekali lagi mohon maaf. 🙂 ws

  32. Buat Mbak Nuni : Silakan aja menggunakan silabus yang sudah di download dari blog kami 🙂
    Buat Laelatul Badriyah (nama yang bagus) : Sama-sama 🙂
    Buat Sigit Utomo : Alhamdulillah bila isi blog kami bermanfaat dan bisa membantu anda 🙂
    Buat Esdi Waluyo : Wa’alaikumussalam…, terima kasih juga buat kunjungan dan doanya, semoga menjadi amal kebaikan di sisi Allah yang akan memberatkan timbangan amal kebaikan kita di yaumil hisab kelak. aamiin …
    And Buat Hasan : syukron wa jazakallah khoir…! 🙂

  33. Assalamu’alaikum pak Alhafizh, sebenarnya saya sudah 2 bulan sering gabung disini, tp tak pernah berinteraksi dengan saudara, saya sudah banyak pula download dari sini. salam persaudaraan. saya dr sd muhammadiyah balayudha palembang

  34. Wa’alaikumussalam wr., wb. pak Chandra.

    Senang bisa kenal dengan saudara, saya juga dulu sebagai tenaga edukatif di SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang (Depan Perpustakaan Daerah). Btw SD Muhammadiyah Balayudha itu di daerah mana yach atau yg di Plaju itu yach???

    Alhamdulillah kalau blog kami ini bisa membantu anda sebagai tenaga pendidikan juga, tolong sampaikan salam hangat dan salam kenal kami buat guru-guru di SD Muhammadiyah Balayudha Palembang 🙂 ws

  35. Buat mas Muhammad Haqiqi : Afwan / Ma’asy syukri terima kasih juga buat kunjungan dan komentarnya yg berharga buat kami, salam silaturrahim juga dari kota Palembang dan Kabupaten Lahat. ws

    Buat Mabk Sumartini : Mohon maaf, sudah banyak sekali yang cari silabus dan rpp Lingkungan Hidup tapi sampai sekarang kami juga belum punya, kalau sudah insya Allah akan segera kami postingkan di blog ini, tapi jika anda lebih dahulu yang dapat silabus dan rpp nya kami mohon dengan sangat untuk berbagi dengan kami biar bisa disebarkan dengan yang lainnya. ws

    Buat Mada: terima kasih juga buat kunjungan dan komentarnya yg berharga buat kami 🙂

  36. Selamat pagi pak Hafizh.. wah saya tidak begitu mengetahui bagaimana cara mendapatkan sertifikat tersebut, namun kemarin sepertinya pihak IAIN begitu terburu-buru untuk menyelesaikan desain sertifikat tersebut, sayapun hanya di beri waktu satu malam untuk menyelesaikan desainnya karena keesokan harinya akan segera dicetak. Coba antum hubungi LT2Q nya saja, mungkin bisa dapat sedikit pencerahan, terima kasih^^

  37. Buat Tomy Meilando : Terima kasih atas informasinya, insyaAllah akan konfirmasi lagi dengan pihak IAIN.

    Buat Aris Munanda, you are welcame for your comment and visit, if you want please to visit again 🙂

    Buat Sabar Ardiansyah : Kami sudah kunjungan ke blog anda tapi mohon maaf untuk sementara belum sempat kasih komentar.

    Buat Widodo : Terima kasih juga 🙂 ws

  38. senang banget da bsa bergabung dengan situs ini..mdah2an kedepanx bsa memperbanyak lgi pengetahuan2 ttg pendidikan khususnya lingkup SD..soalx sy belum mengerti bgt ttg pembelajarn tematik yg simpang siur…klo bsa sih ada video pembelajaran tematiknya….

  39. Ini aku, embak. Syukron atas infoenya yang siiiip banget. Blog-mu bagus banget sih, aku kepengiiiiin punya blog seperti miik embak, tapi akau tahu buat sih, maklum aku tidak ngefan banget sih sama kompuer, apalagi internet. Tapi di rumah ada juga komputer dan internet. Bantuin aku ya biar aku seperti kamu juga …. Ini Hp ku: 081931563000

  40. terima kasih banyak. blog ini sudah memberikan banyak hal pada saya khususnya. terus terang belum sumuanya yang saya eksplore hanya silabus saja, lain kali pasti akan saya eksplore lebih jauh. sekali lagi terima kasih.

    Salam

    Izzy

  41. isi blog ini sangat menarik dan mengandung banyak pengetahuan buat kita semua, mohon blog nya di update terus sesuai dengan situasi yang ada saat ini dengan info yang lebih baik demi kehidupan yang adil dan beradab amin…

  42. TERIMAKASIH DAN MOHON MAAF SAYA NINTA IJIN MENDOWNLOD FAIL FAIL YANG ADA HUBUNGANNYA DENGAN PROFESI GURU. SEMOGA SAYA DAPAT MENGAMALKANNYA DAN INSYAALLAH YANG MEMBUAT AKAN MERUPAKAN SALAH SATU AMAL YANG TIDAK PUTUS PAHALANYA WALAU SUDAH PULANG KERAHMATULLAH.

  43. Basically learned your Internet web page by way of google and i think about this might be a disgrace that you might be not ranked upper as a result of the reality that that’s a fantastic publish. To switch this i determined to steer clear of losing your Internet site to my Rss reader and I’ll attempt to point out you in one of my posts given that you truly deserv extra readers when publishing content material of this top quality.

  44. Salam Pak ketika saya membacah alamat bapak dari daerah kikim kab lahat. saya berpikir ini bapak satu daerah dengan saya dulunya satu kabupaten yaitu lahat. karena saya berasal dari Kecamatan Muara Pinang Sekarang Kab Lintang 4 lawang. pak kalau boleh bagi-bagi bagaimana cara membuat blok dan webset dan bagaimana dananya.dan kira-kira apa yang dapat di hasilkan dari kita punya blok sendiri. maklum selama ini saya hanya pengunjung dan sebagai konsumen aja. Wassalam.

  45. terima kasih atas bantuannya semoga guru kita maju walaupun dana sertifikasi masih seret jalannya sehingga lama menunggu pencairannya, juga terima kasih atas kiriman perangkat mengajarnya. Buat mbak Yolanda salam kenal aja.

  46. Terima kasih banyak atas bantuan sehingga perangkat mengajar saya terasa lebih lengkap moga tulisan-tulisan anda lebih bermanfaat bagi kita semua tapi saya juga tidak lupa mengucapkan salam kenal buat anda sekeluarga.

  47. Bung sy seorang guru daerah sulit jangkauan dan sangat tertinggal, jarak tempuh dr rmh ke sklh 20km, dg waktu 1 jam karena sulitnya medan, tapi sy kepingin tdk ketinggalan informs pendidikan, tlg kirim ke saya RPP dan Silabus untk SD yang ber Pendidikan Budaya berkarakter bangsa, trims

  48. Syukron katsier atas bantuan rpp dan silabusnya, mudah-mudahan bermanfaat bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Terutama guru-guru yg belum bgt faham mengenai KTSP yg insyaAllah penerapannya sampai ke anak didik. Amin

  49. saya masih bingung mencari dan mendownload rpp, silabus, promes, prota untuk sd dari kelas 1 s/d 6 semua pelajaran baik yang tematik (kelas 1-3) juga yang per mapel.
    tapi terima kasih dengan adanya situs/blog ini sudah membantu saya.

  50. terima kasih atas bantuannya

    blog ini sangat membantu khususnya guru–guru baru dalam membuat perangkat2 dalam mengajar….
    semoga sukses bagi semua guru di Indonesia

    semoga Allah SWT yang membalas kebaikan pembuat blog ini

  51. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam Kenal, Salim Ta’dzim, dan Sharing Ilmu Pa’Hafidz! Hmmm…Obormu telah menerangi rumahku yang pas-pasan. Matta’allahu hayatakum..!

  52. Asslamu’alaikum WW. Saya ucapkan terima kasih, atas bantuannya untuk bisa ikut mengakses program yang berkenaan dengan pendidikan, mudah-mudahan amat Bpk dibalas oelh Allah SWT, yang berlimpa, Amin Allahumma Amin. Wassalam.

  53. thanks brother ne blog sangat bermamfaat bagi saya, saya seorang guru bahasa inggris, dan part time sebagai guide di lombok, mas kalo bisa saya minta buku english tourism book

  54. assalamu’alaikum…
    mas, punya perangkat (rpp,silabus,dll) PAKEM untuk tingkat SMP ndak ya! bisa minta tolong dikirimkan ke email saya. jazakumullahi wa khoiron jaza’ . smoga tetap sehat dan diberi keberkahan dalam hidupnya.amin

  55. Pertama-tama saya menyatakan salut pada Bapak karena telah menyediakan blog ini untuk membantu para guru baik SD, SMP, dan SMA dalam rangka mempersiapkan diri sebelum menyampaikan materi dengan menyiapkan terlebih dahulu perangkat pembelajarannya. Terima kasih Pak, atas jasa2 Bpk ini kami jd tidak bingung dan kesulitan lagi dalam mencari perangkat pembelajaran yang kini sudah menjadi kewajiban para guru.

  56. Terimakasih sekali Pak…atas bantuannya…. jika ada contoh proposal PTK TIK dan Seni Budaya SMP…. akan sangat membantu rekan- rekan kami Pak….Sekali lagi terimakasih

  57. saya sedikit binggung dalam pembuatan administrasi guru seperti Prog tahunan. Prog semester, analisis skkd, perhitungan KKM, analisis SKL dll kbetulan saya guru d sma negeri d bogor dan sangat baru dalam hal tersebut dan saya jg bukan dari jurusan pendidikan (sastra inggris) mohon bantuanya dalam hal tersebut

  58. subhanallah ternyata ada juga blog yg selama ini cari …alhamdulillah banyak ilmu yang saya dapat sesuai dengan komunitas kita sebagai seorang guru. Blog ini sungguh sangat bermanfaat dan sangat membantu kami di tengah2 ketegangan rutinitas kami dalam menjalani profesi kami khususnya para ibu yang tidak hanya mengajar saja namun juga menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga (yg sll disibukkan dgn pekerjaan rumah tangganya/karena PRT telah lama cuti dan tak kembali lagi ..hehe
    oya maaf ..kalau boleh saya juga minta Promes dan Prota Bahasa Indonesia SMK kelas x dan xi ? terima kasih atas perhatian Bapak dan terkabulnya permohonan Saya ….:)

  59. sebelumnya sy ucapkan term kasih.walaupun blum mendownload…. yth.
    pak/ibu, saya mau tanya, gimana cara membuang virus-virus di komputer? apakah punya antivirus yang bagus? tlg dikirim ya dan ingat yang gratis di download!

  60. Terima Kasih..^_^..
    Info RPP di blog ini benar-benar dapat membantu tugas perkuliahan saya_
    hmm,,
    tapi maaf_
    Bisakah saya meminta pertolongan_
    Tolong kirimkan atau upload RPP Bahasa Indonesia SMA Kelas X, XI, dan XII_-_
    Terima Kasih Sebelumnya (.^.^.)

  61. Biasanya cukup sulit untuk menghilangkan virus yang terlanjur masuk ke komputer/pc. tapi coba anda guna dua anti virus secara bersamaan, yaitu anti virus lokal dan internasional. Anti virus lokal yang bagus menurut saya adalah SMADAV, sekarang ada versi terbaru yaitu Smadav 8.6 (kunjungi saja http://www.smadav.com). Kalau anti viirus internasional yang bagus yang sekarang saya gunakan adalah Anti virus Avast, hanya saja anti virus ini perlu registrasi tapi gratis kok…

  62. mohon maaf sy ingin donload rpp silabus untuk madrasah aliyah kelas x,xi,xii untuk pelajaran fiqih aqidah ,al qur’an, dan ski yang berkarakter, kok tidak ada bagaimana bolehkan sy mendown load ,mhn maaf makasi

  63. ass…saya suami dr wiwik jayanti spd, kami berdua sangat mebutuhkan PROTA N PROSEM utk bahasa inggris SMK kls XI, XII DAN SMA KLS x, sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas bantunnya.

  64. Asslkm…
    Terima kasih atas tersedianya blog ini, bisakah kiranya bapak memberikan PROTA dan PROSEM untuk Fisika dan Kimia kelas X pak.Terimas kasih.

    Selamat dan Sukses Selalu.

    Wasslkm.

  65. waduuuuh,,, sampai banyak banget sudah pesannya pak,,, hehehe,,, sampai turun ke bawaaaaaaah untuk sillaturahim ini. hehehe, gak papa pak. Bercanda.

    Terima kasih,,, ini prasyarat mau ijin download…

    Nama saya Muhammad Abdullah Thoyib,,,
    bisa mengunjungi blog yang baru saya kelola pak,,, mohon kritik dan sarannya juga
    http://www.bemoeducation.wordpress.com
    http://www.bemoeducation.blogspot.com
    atau e-mail di
    oyaoyiae@gmail.com, atau di
    bemoeducation@yahoo.co.id

    Terima kasih pak…

  66. tolong untuk bisa dikirimi Silabus,Prota,Promes dan RPP Mapel BTQ SMA kelas X,XI dan XI. Terima kasih mudah-mudahan, menjadi amal anda yang bermanfaat, amin……. terima kasih sebelumnya (rahmatsarjito@yahoo.com)

Tinggalkan komentar