Metode Sosiodrama dan Bermain Peranan (Role Playing Method)

Writed by:  Hafiz Muthoharoh, S.Pd.I
4.  Metode Sosiodrama dan Bermain Peranan (Role Playing Method)

Istilah sosiodrama dan bermain peranan (role playing) dalam metode merupakan dua istilah yang kembar, bahkan di dalampelaksanaannya dapat dilakukan dalam waktu bersamaan dan silih berganti

Sosiodrama dimaksudkan adalah suatu cara mengajar dengan jalan mendramatisasikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial

Pada metode bermain peranan, titik tekanannya terletak pada keterlibatan emosional dan pengamatan indera ke dalam suatu situasi masalah yang secara nyata dihadapi

Kedua istilah ini (sosiodrama dan bermain peranan), kadang-kadang juga disebut metode dramatisasi. Hanya bedanyakedua metode tersebut tidak disiapkan terlebih dahulu naskahnya.

Dalam pendidikan agama metode sosiodrama dan bermain peranan ini efektif dalam menyajikan pelajaran akhlak, sejarah Islam dan topik-topik lainnya. Dalam pelajaran sejarah, misalnya guru ingin menggambarkan kisah sahabat khalifah Abu Bakar, ketika beliau masuk Islam. Kisah tersebut tentu amat menarik jika disajikan melalui metode sosiodrma dan bermain peranan. Sebab siswa disamping mengetahui proses jalannya khalifah Abu Bakar masuk Islam, juga dapat menghayati ajaran dan hikmah yang terkandung dalam kisah tersebut.

Demikian pula halnya pada pelajaran akhlak. Misalnya bagaimana sosok akhlaqul karimah (seorang yang berakhlak mulia) dan anak yang saleh ketika berhadapan dengan orang tuanya maupun anak durhaka kepada orang tuanya, misalnya sebagaimana cerita “Si Malin Kundang” yang tersohor itu. Dan lain-lainnya yang bersifat sosiodrama, dan bermain peranan

Peranan sosiodrama dapat digunakan apabila :

  1. Pelajaran dimaksudkan untuk melatih dan menanamkan pengertian dan perasaan seseorang
  2. Pelajaran dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan sosial dan rasa tanggung jawab dalam memikul amanah yang telah dipercayakan
  3. Jika mengharapkan partisipasi kolektif dalam mengambil suatu keputusan
  4. Apabila dimaksudkan untuk mendapatkan ketrampilan tertentu sehingga diharapkan siswa mendapatkan bekal pengalaman yang berharga, setelah mereka terjun dalam masyarakat kelak
  5. Dapat menghilangkan malu, dimana bagi siswa yang tadinya mempunyai sifat malu dan takut dalam berhadapan dengan sesamanya dan masyarakat dapat berangsur-angsur hilang, menjadi terbiasa dan terbuka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya
  6. Untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki oleh siswa sehingga amat berguna bagi kehidupannya dan masa depannya kelak, terutama yag berbakat bermain drama, lakon film dan sebagainya.

Langkah-langkah yang ditempuh

  1. Bila sosiodrama baru ditetapkan dalam pengajaran, maka hendaknya guru menerangkannya terlebih dahulu teknik pelaksanaanya, dan menentukan diantara siswa yang tepat untuk memerankan lakon tertentu, secara sederhana dimainkan di depan kelas
  2. Menerapkan siatuasi dan masalah yang akan dimainkan dan perlu juga diceritakan jalannya peristiwa dan latar belakang cerita yang akan dipentaskan tersebut
  3. Pengaturan adegan dan kesiapan mental dapat dilakukan sedemikian rupa
  4. Setelah sosiodrama itu dalam peuncak klimas, maka guru dapat menghentikan jalannya drama. Hal ini dimaksudkan agar kemungkinan-kemungkinan pemecahan masalah dapat diselesaikan secara umum, sehingga penonton ada kesempatan untuk berpendapat dan menilai sosiodrama yang dimainkan. Sosiodrama dapat pula dihentikan bila menemui jalan buntu
  5. Guru dan siswa dapat memberikan komentar, kesimpulan atau berupa catatan jalannya sosiodrama untuk perbaikan-perbaikan selanjutnya

Kebaikan Metode Sosiodrama Bermain Peranan

  1. Dapat berkesan dengan kuat dan tahan lama dalam ingatan siswa. Disamping merupakan pengaman yang menyenangkan yang saling untuk dilupakan
  2. Sangat menarik bagi siswa, sehingga memungkinkan kelas menjadi dinamis dan penuh antusias
  3. Membangkitkan gairah dan semangat optimisme dalam diri siswa serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan kesetiakawanan sosial yang tinggi
  4. Dapat menghayati peristiwa yang berlangsung dengan mudah, dand apat memetik butir-butir hikmah yang terkandung di dalamnya dengan penghayatan siswa sendiri
  5. Dimungkinkan dapat meningkatkan kemampuan profesional siswa, dan dapat menumbuhkan / membuka kesempatan bagi lapangan kerja

Kelemahan-kelemahannya

Sebagaimana dengan metode-metode yang lain, metode sosiodrama dan bermain peranan memiliki sisi-sisi kelemahan. Namun yang penting disini, kelemahan dalam suatu metode tertentu dapat ditutupi dengan memakai metode yang lain.

Mungkin sekali kita perlu memakai metode diskusi, ausid visual, tanya jawab dan metode-metode lain yang dapat dianggap melengkapi metode sosiodrama/bermain peranan

Kelemahan metode sosiodrama dan bermain peranan ini terletak pada :

  1. Sosiodrama dan bermain peranan memelrukan waktu yang relatif panjang/banyak
  2. Memerlukan kreativitas dan daya kreasi yang tinggi dari pihak guru maupun murid. Dan ini tidak semua guru memilikinya
  3. Kebanyakan siswa yang ditunjuk sebagai pemeran merasa malu untuk memerlukan suatu adegan tertentu
  4. Apabila pelaksanaan sosiodrama dan bermain pemeran mengalami kegagalan, bukan saja dapat memberi kesan kurang baik, tetapi sekaligus berarti tujuan pengajaran tidak tercapai
  5. Tidak semua materi pelajaran dapat disajikan melalui metode ini
  6. Pada pelajaran agama masalah keimanan, sulit disajikan melalui metode sosiodrama dan bermain peranan ini.

Saran-saran yang perlu pendapat perhatian dalam pelaksanaan metode ini

  1. Merumuskan  tujuan yang akan dicapai dengan melalui metode ini. Dan tujuan tersebut diupayakan tidak terlalu sulit/berbelit-belit, akan tetapi jelas dan mudah dilaksanakan
  2. Melatar belakang cerita sosiodrama dan bermain peranan tersbeut. Misalnya bagaimana guru dapat menjelaskan latar belakang kehidupan sahabat Aku Bakar sebelum menceritakan kisah sahabat Abu Bakar masuk Islam. Hal ini agar materi pelajaran dapat dipahami secara gamblang dan mendalam oleh siswa/anak didik
  3. Guru menjelaskan bagaimana proses pelaksanaan sosiodrama dan bermain peranan melalui peranan yang harus siswa lakukan/mainkan
  4. Menetapkan siapa-siapa diantara siswa yang pantas memainkan/melakonkan jalannya suatu cerita. Dalam hal ini termasuk peranan penonton
  5. Guru dapat menghentikan jalannya permainan apabila telah sampai titik klimaks. Hal ini dimaksudkan agar kemungkinan-kemungkinan pemecahan masalah dapat didiskusikan secara seksama
  6. Sebaiknya diadakan latihan-latihan secara matang, kemudian diadakan uji coba terlebih dahulu, sebelum sosiodrama dipentaskan dalam bentuk yang sebenarnya.

65 Comments

  1. Pada dasarnya semua metode pembelajaran adalah BAIK. akan tetapi yang perlu digarisbawahi adalah tidak semua metode pembelajaran tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran, karena setiap metode pembelajaran memiliki nilai_nilai kelebihan dan kekurangan.

    oleh karena itu, untuk menerapkan suatu metode dalam proses pembelajaran harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:
    1. Metode harus sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan (bisa diterapkan);
    2. Metode pembelajaran yang akan digunakan harus sudah dikuasai oleh guru yang bersangkutan;
    3. Metode diterapkan dengan memperhatikan karakteristik siswa secara umum, dan sebagainya.

    Dengan demikian, melihat penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPA baik di tingkat SMP atau SMA dipandang kurang tepat.

    Sebagai solusi untuk mas Samsul Bahri, sebabaiknya menggunakan metode pembelajaran yang terkai dengan karakter mata pelajaran IPA, seperti Metode Inquiry, dll.

    Jika anda mau bersabar dalam waktu dekat ini, insya Allah saya akan postingkan tentang metode Inquiry.

    Mohon dibalas pesan ini terlebih dahulu untuk mengetahui apakan anda membutuhkannya. wss

  2. slmat sore pak, sy mw tanya, klau mtode role playing ini digunakan dlm matpel matematika di SD, apakah mungkin/bisa? sy mw mengajukan judul untuk skrip. mhon dibantu.. n trims..

  3. Salam kembali, berdasarkan langkah-langkah atau aturan main dalam menggunakan metode role playing, maka kurang sesuai untuk mata pelajaran matematika coz metode tersebut diterapkan secara spontan dalam melakoni sebuah karakter. tinggal sekarang materi apa dalam mata pelajaran matematika yang menjadi sasaran anda dan untuk apa penelitian anda? (Mau melihat hasil belajar, motivasi atau yang lainnya). Tentukan itu terlebih dahulu.

    Kami sarankan untuk memilih metode lain saja yang lebih sesuai dengan karakter mata melajaran matematikan di level sekolah dasar (SD), seperti metode inquiry dan lainnya. ws

  4. pak , mohon dibantu…
    saya mau mengajarkan pelajaran IPA Materi Sistem peredaran darah kecil dan besar menggunakan metode sosiodrama buat tugas PKP , bagaimana caranya dan alat peraga apa yang tepat ?
    mksh…

  5. sesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan materi yang diajarkan, menurut saya kalau metode role playing digunakan untuk pembelajaran menyimak secara umum, tidak sesuai gunaka metode pembelajaran lainnya, tapi kalau maksudnya menyimak dialog yang digunakan dalam pementasan/drama yang dibuat, maka metode ini juga dipandang tepat guna.

  6. Ping balik: TEKNIK BIMBINGAN BERBASIS PERMAINAN PERAN « bkpt07

  7. Assalamualikum.wr
    trimakash ilmunya ya pak. pengetahuan sy jd bertmbah. maaf mau tanya, kalo sosiodrama d gunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas IV pada mata pelajaran b.Indonesia kira-kira sesuai atau tidak? itu judul yang saya ajukan untuk seminar usulan penelitian
    jika berkenan, mohon masukannya
    tramakasih banyak

  8. ASslamualaikum..
    pak saya ada rencana ingin membuat PKM tentang m,etode sosiodrama,,stelah saya membaca sumber ini saya ingin tahu mata pelajaran apa yg cocok untuk penerapan metode ini dan mata pelajaran apasaja yg tidak cocok..?
    terimakasih..
    wassalamualaikum..

  9. Maaf Pak, boleh tanya ya… Metode yang efektif untuk pemebalajarn monolog melalui menyimak itu apa ya? Selama ini yg say aterapkan ya paling putar kaset, siswa menyimak. Banayk yang gak paham, bosen dan ngantuk malah. ya karena menurut mereka, bhsanya gak ngerti. Trimakasih…

  10. Menurut saya: coba anda berdayakan siswa-siswa anda sendiri untuk membacakannya, sedangkan yang lainnya menyimak.

    Jika siswa-siswa anda masih bosan dengan metode seperti itu, maka anda harus menciptakan beberapa games (permainan) dalam proses pembelajaran di kelas. Misal, setelah siswa dibentuk beberapa kelompok, siswa diperintahkan keluar kelas untuk mencari dan menuliskan beberapa paragraf bacaan dalam bahasa Inggris/Arab/Mandarin. kemudian hasil studi siswa tersebut dipersentasekan di depan kelas per kelompok, dan kelompok lainnya menyimak hasil studi setiap kelompok.

    Selamat mencoba, and semoga bermanfaat 🙂

  11. pak, saya minta tolong. metode bermain peran apakah bisa diuji cobakan terhadap pelajaran bahasa arab untuk kelas VI??
    dan saya mhon bapak mencantumkan buku-buku referensi tentang metode bermain peran beserta pengarangnya. terimakasih. mohon balasannya pak. terimakasih.

  12. aslm…pak sya mw bertanya tentang metode bermain peran.
    1. dalam mengajarkan pendidikan agama islam secara umum untuk anak usia TK, bagaimana penerapannya/langkah2nya?
    2. jika permainan dibantu oleh media lcd bisa atau tidak dan bagaimana langkah2nya?….trmkasih.

  13. jawab:
    1. Sesungguhnya suatu metode pembelajaran itu diterapkan sesuai dengan materi pembelajaran dan kondisi peserta didik, dll. Dengan kata lain, tidak semua metode pembelajaran dapat diterapkan pada semua kondisi, termasuk anak usia TK. Pada prinsipnya Metode role playing tersebut diterapkan tanpa ada skenario sebelumnya, sehingga saya rasa anda dan siswa anda akan merasa kesulitan dalam penerapan metode ini dalam proses pembelajaran. Akan lebih baik menurut saya anda menggunakan metode sejenis, yaitu sosiodrama, sebab anda dan siswa anda sebelumnya dapat mempelajari skenarionya terlebih dahulu.

    2. Mengkombinasikan metode pembelajaran dengan media LCD adalah langkah yang bagus, akan tetapi menurut saya jangan berbarengan dalam penerapannya karena akan membuat siswa anda lebih fokus ke tayangan LCD dibandingkan dengan karakter yang sedang diperankannya. Lebih baik anda tunjukan terlebih dahulu alur cerita dan karakter-karakter yang akan mereka perankan, sehingga siswa anda akan lebih memahami dan menghayati peran mereka masing-masing, dan mudah-mudahan ceritanya menjadi lebih hidup. 🙂

    SELAMAT MENCOBA…!

  14. Sangat berbeda nak…
    Kalau sosio drama itu penerapan sebuah metode pembelajaran yang menekankan persoalan sosial dalam sebuah drama, tapi kalau accelerated learning itu sebuah percepatan dalam belajar. Biasanya diterapkan terhadap siswa yang sudah mampu menguasai materi dengan baik, sehingga diberikan materi selanjutnya, padahal siswa yang lain belum mempelajarinya secara bersamaan.

  15. bapak, saya mau tanya, apakah metode sosiodrama dengan metode drama itu sama saja? saya kesulitan untuk mencari teori yang mendukung pelaksanaan metode itu pak, ini untuk kelas VIII pak, terima kasih

  16. waduh, mohon maaf kalau dalam bentuk buku saya juga belum menemukannya. Saya mendapatkan file itu dari pelatihan yang diselenggarakan Kemenag.
    Tapi kalau tidak saya dalam beberapa buku yang membahas tentang metode mengajar ada tentang metode roll playing (bermain peran), hanya saja bahasannya tidak terlalu luas. Selama Mencari dan Meneliti >>>SUKSES !

  17. waduh, mohon maaf kalau dalam bentuk buku saya juga belum menemukannya. Saya mendapatkan file itu dari pelatihan yang diselenggarakan Kemenag.
    Tapi kalau tidak saya dalam beberapa buku yang membahas tentang metode mengajar ada tentang metode roll playing (bermain peran), hanya saja bahasannya tidak terlalu luas. Selama Mencari dan Meneliti >>>SUKSES !

  18. Assalammu’alaikum pak terimakasih atas ilmu nya. maaf pak saya mau tanya , apa saja nama buku yang dapat digunakan untuk menjadi literatur skiripsi saya? mohon pak bantuannya. penerbit nya juga. tolong hubungi saya k no 085387059159

  19. Ping balik: UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM DALAM POKOK BAHASAN G 30 SPKI PADA SISWA KELAS XII IPA 2 DI SMA LEUWIMUNDING TAHUN AJARAN 2012-2013 | Nilam's zone

  20. Ping balik: mellyhandayanicyrus

  21. assalamu’alaykum
    Maaf Pak, beda yg plg mendasar antara sosiodrama dan role playing apa?
    Tlg jg misal ada kajian buku yg mmbhs metode sosiodrama, tlg sy dbrthu nma bku n pngrngnya.
    trim’s

  22. Untuk Buku mengenai Model dan Metode Pembelajaran termasuk bermain peran dapat dijadikan salah satu refernsi adalah Buku Models of Teaching karangan Joyce, dkk. Terjemahannya diterbitkan oleh Pustaka Pelajar. Terima kasih

  23. Ass bapak saya minta tolong saya sedang menyusun skripsi tentang pengaruh metode sosiodrama terhadap motivasi belajar siswa…. namun saya blm menemukan buku khusus tentang medode ini… apakah bapak tau? Tentang seluk beluk metode sosiodrama… dan referensi apa aaja?
    mohon bantuannya pak…. terimakasih…..

  24. 2010/01/16/metode-sosiodrama-dan-bermain-peranan-role-playing-method/ASs bapak saya minta tolong saya sedang menyusun skripsi tentang pengaruh metode sosiodrama terhadap motivasi belajar siswa…. namun saya blm menemukan buku khusus tentang medode ini… apakah bapak tau? Tentang seluk beluk metode sosiodrama… dan referensi apa aaja?
    mohon bantuannya pak…. terimakasih…..

  25. Assalmualikum pak saya mau tanya ini saya mengajukan judul skripsi “meningkatkan pemahaman konsep berat ringan dengan media timbangan melalui metode role playing pada anak kelompok A”
    Apakah itu cocok pak? Mkasih mohon di jawab

  26. Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakaatuh.
    Tidak semua metode, strategi, pendekatan maupun media pembelajaran dapat di terapkan di semua materi. Sehingga pemakai metode tersebut harus memahami betul karakteristik materi yang sedang/akan diajarkan.

    Jadi kesimpulannya, jika role playing tersebut sesuai dengan materi layanan konseling kelompok yang akan bapak/ibu terapkan, maka role playing tersebut dapat diterapkan dengan ketentuan-ketentuan yang ada.

  27. assalamualaikum pak, mohon bantuannya… apakah sosiodrama dan role playing sama saja? jujur saya belum paham…
    lalu apakah metode role playing untuk pelajaran fiqh thoharoh sesuai?

Tinggalkan komentar